Sangat Mengganggu, Ini Sederet Kondisi yang Membuat Perut Terasa Panas

18 July 2024 - 06:45 WIB
Unsplash

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Pernahkah Anda mengalami sensasi perut terasa panas? Kondisi ini umum terjadi dan bisa muncul akibat berbagai faktor. Beberapa penyebabnya termasuk masalah kesehatan seperti refluks asam lambung dan gaya hidup yang kurang sehat.

Sensasi perut terbakar ini seringkali disertai dengan gejala lain seperti nyeri perut, mulas, atau rasa tidak nyaman di dada. Hal ini tentunya dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (15/7/24), berikut sederet kondisi yang menyebabkan perut terasa panas yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, antara lain:

1. GERD

GERD atau penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung naik kembali ke saluran kerongkongan. Kondisi ini dapat mengakibatkan munculnya sensasi rasa panas di dada atau perut. Sensasi terbakar tersebut biasanya juga timbul bersama dengan nyeri dada, kesulitan menelan, dan batuk.

2. Radang perut

Selanjutnya, perut panas juga dapat muncul akibat radang perut atau gastritis. Kondisi ini dapat mengakibatkan peradangan di lapisan perut, sehingga perut terasa panas.

3. Infeksi helicobacter pylori (H. pylori)

Kondisi ini terjadi ketika perut terinfeksi bakteri. Salah satu gejala infeksi H.pylori adalah perut terasa panas.

4. Ulkus peptikum

Penyebab perut terasa panas berikutnya yaitu ulkus peptikum. Bisul usus atau ulkus peptikum merupakan luka yang muncul di lapisan dalam perut serta usus kecil bagian atas.

5. Sindrom iritasi usus

Kondisi gangguan usus ini dapat menimbulkan gejala perut tidak nyaman, dan terkadang muncul sensasi perut terasa panas.

6. Gangguan pencernaan

Orang yang memiliki gangguan pencernaan dapat mengalami gejala perut terasa panas. Dispepsia atau gangguan pencernaan dapat memicu sensasi panas di perut.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment