Wajib Tahu, Inilah Lima Cemilan yang Mampu Menghilangkan Penyakit Asam Urat

17 July 2024 - 08:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Penyakit Asam urat merupakan radang sendi yang dapat menyerang siapa saja dengan ditandai rasa nyeri hingga bengkak. Tidak hanya orang yang sudah dewasa, remaja juga sering merasakan asam urat ketika terlalu lama duduk. Namun, sejumlah cemilan bisa menjadi pilihan untuk menurunkan gejalanya.

Inilah Beberapa camilan yang harus dicoba, dan diyakini bisa menurunkan Asam urat:

1. Berries

Asam urat bisa menyebabkan peradangan pada sendi hingga menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri ini bisa diatasi dengan sifat antiinflamasi yang tinggi pada buah berries terutama stroberi dan blueberry.
Sifat antiinflamasi inilah yang bisa mengendalikan peradangan (inflamasi) pada sendi.

2. Apel

Apel merupakan salah satu buah-buahan yang bisa Anda jadikan camilan sehat untuk menurunkan asam urat karena kaya akan malid acid yang baik bagi pengidap asam urat, dan bisa dikonsumsi secara rutin.

3. Kuaci dan Kacang Pinto

Kuaci dan kacang pinto merupakan jenis kacang-kacangan yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan asam urat dan dipercaya efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Sama halnya dengan kuaci atau biji bunga matahari, makanan ini juga kaya akan asam folat.


4. Talas

Talas merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sangat bagus dijadikan cemilan. Caranya, Anda cukup merebusnya saja. Umbi ini aman juga bagi penderita diabetes, asam urat dan kolesterol walaupun rasanya hambar.

5. Teh Hijau

Secangkir teh hijau untuk menemani hari Anda juga terbilang ampuh untuk menurunkan kadar asam urat. Bahkan, studi US National Library of Medicine-National Institutes of Health, juga pernah membeberkan mengenai khasiat teh hijau terhadap kadar asam urat tubuh. Antioksidan bernama katekin mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga bisa mengeluarkan kristal asam urat dan meluruhkan batu dalam ginjal.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment