Polusi DKI Meresahkan, Ini Tanaman Hias Paling Banyak Diburu untuk Bersihkan Udara

22 August 2023 - 22:00 WIB
Foto: Pixabay

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kondisi udara di wilayah Jakarta dan sekitarnya tengah menjadi sorotan. Polusi udara yang sedang tinggi dinilai dapat berdampak buruk pada kondisi kesehatan tubuh.

Karena hal itu, banyak masyarakat akhirnya melakukan berbagai hal agar tidak terkena efek dari paparan polusi. Misalnya menggunakan masker, mengurangi aktivitas di luar ruangan, hingga menggunakan tanaman 'pembersih' udara.

Hal ini dilakukan karena ada banyak jenis tanaman yang dianggap mampu membersihkan udara di lingkungan rumah.

Salah satu pedagang tanaman hias di wilayah Ragunan, Ardan (35) mengatakan, bahwa tanaman lidah mertua menjadi tanaman favorit yang banyak digunakan untuk membersihkan udara.

Baca Juga:  Perlu Diketahui, Inilah Manfaat Daun Pakis Untuk Kesehatan Tubuh

"Biasanya orang kalau ke sini sudah tahu mau beli apa. Kayak misalnya Sansevieria, lidah mertua, biasanya untuk peresapan udara kotor di dalam rumah," ujar Ardan dikutip dari Detik, Senin (21/8/23).

"Selain itu juga ada tanaman karet merah itu juga dikenal bisa jadi tempat peresapan udara kotor," imbuhnya.

Senada dengan Ardan, pedagang tanaman hias lain yang bernama Sidiq (51) menyebutkan bahwa lidah mertua memang dikenal sebagai tanaman pembersih udara. Selain itu, ia mengatakan pohon besar pelindung juga kerap digunakan sebagai 'pembersih' udara.

"Biasanya yang buat polusi itu hanjuang, lidah mertua, atau pohon-pohon pelindung gitu, misalnya seperti ketapang kencana untuk melindungi panas sama debu udara," terangnya.

Selain untuk membuat udara lebih segar, Sidiq menegaskan, bahwa umumnya masyarakat membeli tanaman hias selain untuk melakukan penghijauan lingkungan rumah atau sekedar menjadi hobi mengoleksi.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment