Makan Nasi Putih Bisa Picu Diabetes? Ini Penjelasan Dokter

17 August 2024 - 06:45 WIB
ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Nasi putih dianggap dapat menyebabkan diabetes tipe dua jika dikonsumsi. Benarkah demikian?
Dokter spesialis penyakit dalam dr Rudy Kurniawan, SpPD. menyebut ada salah pemahaman terkait hal ini. Dia menyebut, nasi putih tetap aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan diabetes.

Namun, menurut dr Rudy, yang terpenting adalah memperhatikan porsi nasi putih yang dikonsumsi agar tidak berlebihan. Dia mengatakan diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh multifaktor.

Pola makan yang tidak baik dibarengi dengan gaya hidup secara umum tidak sehat menjadikan risiko untuk mengidap diabetes akan semakin besar.

"Sementara misalnya orang olahraganya kuat, mungkin yang hobi lari, itu kan yang dibutuhkan karbohidrat justru. Misalnya dengan nasi atau apapun. Jadi karbohidrat memang dibutuhkan, tapi ada batasannya," ujarnya.

dr Rudy kemudian menekankan pentingnya penerapan gaya hidup yang sehat secara menyeluruh. Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga setiap faktor penyebab diabetes.

Dia menjelaskan, kini pengidap diabetes secara umum berusia semakin muda. Jika pengidap diabetes dulu umumnya berada di usia 40-50an tahun, kini pengidap diabetes sudah banyak ditemukan pada pasien berusia 20-30an tahun.

"Itu karena lifestyle. Mulai dari gemuknya, terus malas gerak, sehingga otot tidak terbentuk dengan baik, lemak lebih dominan sehingga meningkatkan stres oksidatif,"ungkapnya

"Akhirnya ada jalur-jalur metabolisme yang terganggu, terus resistensi insulin, akhirnya leading ke diabetes," tutup dr Rudy.

(mz/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment