Mencegah Depresi saat Lansia dengan Cara Mengkonsumsi Buah saat Sarapan

15 August 2024 - 21:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Mempunyai kebiasaan sarapan mengkonsumsi buah tidak hanya bagus untuk mengasup serat bagi tubuh, tapi juga mencegah depresi pada masa tua

Dilansir dari jurnal The Journal of Nutrition, Health and Aging menemukan orang-orang di usia paruh baya yang lebih banyak makan buah memiliki tingkat depresi lebih rendah di usia lebih tua dan mengungkap mereka yang mengonsumsi buah paling banyak (setidaknya tiga porsi per hari) mengurangi kemungkinan depresi terkait usia setidaknya 21 persen.

Temuan buah untuk depresi ini memberikan dampak berarti dalam pencegahan kondisi kesehatan mental yang umum terjadi pada lansia, dan depresi pada lansia berkaitan dengan penurunan kualitas hidup dan peningkatan risiko morbiditas dan mortalitas.

"Penelitian di seluruh dunia memperkirakan bahwa prevalensi gejala depresi di usia lanjut berkisar antara 17,1 persen hingga 34,4 persen, dan di antara mereka yang memiliki gejala depresi ringan atau subklinis, 8-10 persen dapat beralih ke depresi berat setiap tahunnya," penulis studi senior Woon Puay Koh.

Buah-buah tersebut antara lain jeruk, jeruk keprok, pepaya, pisang dan semangka.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment