Ladies! Ini Sederet Jus Buah Pelancar Haid yang Wajib Dicoba

19 August 2024 - 23:00 WIB
Shutterstock

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Tak sedikit jus buah pelancar haid, mulai dari jus dengan rasa yang manis, seperti jus pisang dan jus pepaya, sampai jus yang asam dan segar, seperti jus nanas, jus stroberi, dan jus jeruk.

Semua jus ini mengandung sejumlah nutrisi yang bisa membantu darah haid keluar lebih lancar dan meredakan nyeri haid. Bonusnya, jus buah ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah sakit, nih.

Agar menstruasi yang kamu alami selalu lancar dan tepat waktu, kamu dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, seperti jus buah pelancar haid.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (16/8/24), berikut sederet jus buah agar haid Anda berjalan dengan lancar dan aman untuk dikonsumsi tiap hari, antara lain:

1. Jus nanas

Jus nanas merupakan salah satu jus buah yang sangat terkenal manfaatnya untuk mengatasi keluhan menstruasi, nih. Soalnya, jus nanas mengandung enzim bromelain yang bisa melancarkan proses peluruhan dinding rahim selama menstruasi.

Tak hanya itu, jus nanas juga bersifat antiradang dan berperan sebagai pereda nyeri yang bisa mengatasi keluhan nyeri haid.

2. Jus pepaya

Penelitian menunjukkan bahwa enzim papain yang terkandung dalam jus pepaya terbukti bisa mengurangi peradangan dan nyeri, seperti nyeri haid. Tak hanya itu, kandungan vitamin A di dalam jus pepaya diketahui bermanfaat untuk mengurangi jerawat yang biasa muncul saat PMS atau ketika menstruasi.

3. Jus jeruk

Ketika menstruasi, sebagian wanita mengeluarkan darah lebih banyak sehingga mereka lebih berisiko mengalami anemia. Minum jus jeruk saat menstruasi nggak hanya bikin tubuh kamu lebih fit dan bertenaga, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi sehingga kamu bisa terhindar dari anemia.

4. Jus stroberi

Jus buah pelancar haid selanjutnya adalah jus stroberi. Jus ini menyimpan antioksidan yang melimpah. Antioksidan terbukti bisa meredakan keluhan nyeri saat haid. Selain itu, serat di dalam buah stroberi juga baik untuk saluran cerna, sehingga bisa mengatasi sembelit bahkan diare saat menstruasi, lho.

5. Jus pisang

Jus pisang tinggi kandungan kalium dan magnesium. Kedua mineral ini diketahui bisa membantu mengatasi pegal-pegal dan kram saat menstruasi. Tak hanya itu, kandungan vitamin B6 di dalam segelas jus pisang memiliki manfaat untuk mengurangi keluhan perut kembung saat haid.

6. Jus semangka

Kalau kamu sering pegal-pegal dan nyeri otot saat menstruasi, coba deh konsumsi jus semangka. Tak hanya enak dan segar, jus berwarna merah ini mengandung asam amino citrulline, yakni salah satu nutrisi yang bisa meringankan nyeri otot.

7. Jus buah bit

Sejumlah nutrisi yang terkandung di dalam jus buah bit dapat menjaga kesehatan tubuh wanita, termasuk melancarkan haid. Bahkan, kandungan folat yang tinggi dalam buah ini terbukti bisa membantu mencegah anemia pada wanita yang sedang haid dan membuat tubuh lebih berenergi, lho.

8. Jus alpukat

Jus alpukat sangat baik dikonsumsi selama PMS dan masa menstruasi. Soalnya, jus buah ini mengandung magnesium yang memiliki manfaat untuk mengurangi rasa nyeri dan migrain ketika tamu bulanan datang.

Tak hanya itu, segelas jus alpukat juga bisa membuat perutmu kenyang lebih lama sehingga bisa mengganjal perut saat kamu kurang nafsu makan karena nyeri haid.

9. Jus timun

Jus timun juga menjadi salah satu jus buah pelancar haid, nih. Buah ini tinggi kandungan air sehingga bisa menghidrasi tubuh ketika haid dan membuat darah haid keluar lebih lancar. Tak hanya itu, antioksidan di dalam jus buah ini juga baik untuk mengurangi peradangan dan melancarkan menstruasi, sehingga haid bisa terasa tidak terlalu sakit, lho.

10. Jus apel

Jus apel merupakan salah satu minuman yang sangat sehat dan bergizi, lho. Jus dengan warna kuning cerah ini kaya akan vitamin C dan vitamin B, antioksidan, serta kalium.

Aneka nutrisi ini begitu baik untuk mengurangi peradangan sehingga bisa membantu melancarkan haid. Jus apel pun baik dikonsumsi untuk meringankan gejala sindrom premenstruasi (PMS).

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment