Kulit Jeruk, Ini Sederet Kandungan dan Kesehatannya bagi Tubuh

4 September 2024 - 07:15 WIB
UMSU

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Buah jeruk merupakan salah satu buah yang paling sering dikonsumsi dan memiliki rasa yang manis serta sedikit asam. Meski jarang diketahui, jeruk tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga kulitnya. Hanya saja, kulit jeruk tidak bisa langsung dikonsumsi dan rasanya pahit.

Manfaat kulit jeruk berasal dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, mulai dari kalium, vitamin A, hingga vitamin C. Tak hanya itu, kulit jeruk juga mengandung antioksidan flavonoid.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (2/9/24), berikut sederet manfaat kulit jeruk yang baik bagi kesehatan, antara lain:

1. Sebagai sumber antioksidan

Kulit jeruk diketahui memiliki kandungan flavonoid dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini mampu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh agar tidak menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Tubuh sebenarnya bisa membuat antioksidan sendiri, tetapi jumlahnya tidak cukup untuk melawan radikal bebas sehingga memerlukan asupan tambahan dari luar. Kekurangan antioksidan bisa menyebabkan penumpukan radikal bebas di dalam tubuh yang bisa merusak sel-sel dan meningkatkan risiko terkena penyakit kronis.

2. Memelihara kesehatan saraf dan otot

Salah satu manfaat kulit jeruk adalah memelihara saraf dan otot, karena kandungan kalium di dalamnya. Mineral ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam sel, memelihara fungsi otot, dan membantu persinyalan dari otak ke saraf-saraf di seluruh tubuh.

Konsumsi kalium yang cukup dapat membantu menurunkan tekanan darah, mencegah terjadinya batu ginjal, bahkan melindungi dari stroke.

3. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat kulit jeruk yang jarang diketahui adalah memelihara kesehatan tulang, karena di dalamnya terkandung kalsium. Mineral ini mampu menjaga kepadatan tulang dan memastikan proses regenerasi tulang berjalan dengan baik.

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan penurunan kepadatan sumsum tulang. Akibatnya, struktur tulang menjadi lemah dan bisa menyebabkan kondisi medis, seperti osteoporosis.

4. Menjaga kesehatan mata

Salah satu vitamin yang terkandung di dalam kulit jeruk adalah vitamin A. Vitamin ini dikenal dengan manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko terjadinya rabun senja, katarak, dan penurunan kemampuan melihat akibat faktor usia seperti degenerasi makula.

5. Mencegah kanker

Menurut penelitian, kandungan flavonoid di dalam kulit jeruk diketahui mampu melawan sel-sel kanker. Jenis antioksidan ini juga dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker, sehingga penyebaran sel kanker dapat terkendali.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana flavonoid dapat menghentikan kanker.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment