Asing Ditelinga, Ini Sederet Khasiat Milk Thistle bagi Tubuh

4 September 2024 - 06:45 WIB
Cleveland Clinic

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Milk thistle merupakan tumbuhan bunga dengan kandungan beberapa senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya silymarin. Senyawa ini banyak terdapat pada biji bunganya dan diketahui memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antivirus.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (2/9/24), berikut sederet khasiat Milk thistle bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui, antara lain:

1. Mengatasi gangguan fungsi hati

Milk thistle telah digunakan sejak lama untuk mengatasi gangguan fungsi hati, seperti hepatitis, perlemakan hati nonalkohol, dan sirosis. Manfaat milk thistle ini diperoleh berkat senyawa silymarin di dalamnya yang bersifat antioksidan sehingga mampu melindungi sel-sel hati dari kerusakan yang dipicu oleh paparan radikal bebas dan zat beracun.

Tak hanya itu, silymarin juga dapat merangsang regenerasi sel-sel hati yang rusak, sehingga dapat memperbaiki kerusakan hati.

2. Mengobati jerawat

Sifat antioksidan dan antiradang yang dimiliki milk thistle menjadikan tanaman herbal ini berpotensi untuk dijadikan sebagai obat jerawat. Namun, studi terkait hal tersebut masih sangat terbatas sehingga penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

3. Meningkatkan produksi ASI

Konsumsi suplemen milk thistle mampu meningkatkan produksi ASI. Hal ini karena milk thistle dapat membuat tubuh menghasilkan lebih banyak hormon prolaktin, yaitu hormon yang meningkatkan produksi ASI.

Namun, penelitian tentang manfaat milk thistle ini masih sangatlah terbatas sehingga efektivitasnya dalam memperbanyak produksi ASI masih perlu diteliti.

4. Mengatasi penyakit diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa milk thistle dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Ini berkat kandungan silymarin di dalamnya yang dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan HbA1C.

Tak hanya itu, sifat antioksidan dari silymarin membantu mengatasi radikal bebas yang memicu sindrom metabolik, salah satunya ditandai dengan diabetes.

5. Mencegah penyakit jantung

Konsumsi milk thistle juga dapat menurunkan risiko penderita diabetes terkena penyakit jantung. Manfaat milk thistle ini diperoleh berkat kandungan silymarin yang bersifat antioksidan, sehingga efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

6. Memelihara kesehatan tulang

Konsumsi suplemen milk thistle dapat membantu memelihara kesehatan tulang, bahkan meminimalkan risiko terjadinya osteoporosis. Hal ini dapat terjadi karena milk thistle berpotensi merangsang tulang dilapisi mineral dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Namun, manfaat ini masih perlu untuk diteliti lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memelihara kesehatan tulang dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, kalsium, vitamin D, dan vitamin K, serta berolahraga secara rutin dan berhenti merokok.

7. Mencegah penyakit Alzheimer

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa milk thistle dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak akibat pertambahan usia. Artinya, milk thistle memiliki potensi untuk mencegah penyakit Alzheimer.

Cara kerja milk thistle dalam mencegah penyakit Alzheimer adalah dengan melindungi saraf dari kerusakan. Hal ini berkat kandungan silymarin yang bersifat antioksidan dan antiradang di dalamnya. Namun, penelitian lebih lanjut terkait manfaat milk thistle tersebut perlu dilakukan.

8. Berpotensi menjadi obat kanker

Milk thistle berpotensi untuk dijadikan sebagai obat kanker. Pemberian suplemen milk thistle bersamaan dengan obat kanker mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker yang bersarang di tubuh.

Milk thistle mampu melindungi sel-sel sehat dari kerusakan, meningkatkan pengobatan kemoterapi, serta mengurangi efek samping dari kemoterapi berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Namun, penelitian milk thistle dalam mengatasi kanker ini masih sedikit pada manusia, sehingga perlu untuk dilakukan studi lebih lanjut.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment