Kenali, Ini Sederet Kondisi Gigi yang Wajib Ditangani

21 August 2024 - 08:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut yang tidak terjaga bisa menyebabkan terjadinya penyakit di gigi dan gusi serta kerusakan gigi.

Adapun itu, jika Anda mengalami kerusakan gigi, khususnya yang sudah parah dan menimbulkan sakit gigi berat, maka tindakan cabut gigimungkin bisa menjadi solusi terbaik.

Ada berbagai alasan mengapa seseorang perlu menjalani tindakan cabut gigi, baik karena alasan medis maupun estetika.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (17/8/24), berikut sederet kondisi pada gigi dan gusi yang perlu ditangani, antara lain:

1. Infeksi gigi

Infeksi pada gigi biasanya menimbulkan nyeri berdenyut yang terasa sangat mengganggu. Selain itu, infeksi yang tidak diobati pada gigi juga bisa menyebar ke gusi dan menimbulkan abses gigi dan gusi.

Pada kasus yang sudah parah, infeksi gigi mungkin akan perlu ditangani dengan cabut gigi, terutama pada infeksi gigi yang tidak bisa diobati dengan pemberian obat antibiotik atau ketika perawatan akar gigi tidak berhasil.

2. Gigi bertumpuk

Banyak hal yang bisa membuat susunan gigi tidak rapi dan bertumpuk, mulai dari faktor keturunan, efek penggunaan dot sampai usia di atas 3 tahun, kebiasaan mengisap jempol saat kecil, atau perawatan gigi yang buruk.

Jika gigi bertumpuk dirasa mengganggu kesehatan atau penampilan, dokter mungkin akan merekomendasikan cabut gigi untuk memperbaiki susunan gigi yang berantakan. Penggunaan kawat gigi mungkin juga akan direkomendasikan untuk memperbaiki posisi gigi.

3. Gigi bungsu

Gigi bungsu yang tumbuh tidak normal ditandai dengan posisi gigi bungsu yang miring ke depan atau belakang, posisi “tidur” ke arah samping, atau hanya keluar setengah atau terperangkap dalam tulang rahang.

Kondisi ini terkadang bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit serta gusi bengkak. Jika gigi bungsu bermasalah, biasanya dokter gigi akan menganjurkan cabut gigi untuk memperbaiki kondisi tersebut, sekaligus mengatasi keluhan gusi bengkak dan nyeri yang timbul.

4. Penyakit periodontal

Penyakit periodontal atau periodontitis adalah infeksi pada gusi dan jaringan di sekitarnya. Penyakit ini biasanya dapat menyebabkan kerusakan jaringan sekitar gigi, sehingga gigi menjadi goyang. Saat gigi goyang, cabut gigi dapat menjadi pilihan untuk mengatasinya.

Tak hanya hal-hal di atas, cabut gigi mungkin juga perlu dilakukan pada orang yang berisiko mengalami infeksi gigi karena efek samping pengobatan kemoterapi atau pada pasien yang hendak menjalani operasi transplantasi organ.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment