Kacang Putih, Ini Sederet Khasiatnya yang Beragam bagi Tubuh

16 August 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kacang putih jenis cannellini memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang lembut sehingga banyak disukai. Kacang putih sering kali diolah menjadi sup atau semur karena terasa nikmat serta kaya akan serat dan nutrisi lainnya.

Di dalam 100 gram kacang putih terkandung 12,3 gram air dan 345 kalori. Kacang yang dibudidayakan di Amerika Utara dan Amerika Selatan ini juga hanya mengandung 2 gram lemak. Kacang putih juga mengandung antioksidan polifenol yang mampu melindungi dan memperbaiki sel.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (12/8/24), berikut sederet manfaat yang beragam dari kacang putih bagi kesehatan, antara lain:

1. Meningkatkan energi dan massa otot

Kandungan protein dalam kacang putih cukup tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai sumber protein, terutama jika Anda menjalani pola makan vegetarian. Protein dibutuhkan untuk berbagai macam fungsi tubuh, termasuk sebagai bahan bakar untuk energi dan meningkatkan massa otot.

Nutrisi ini juga dibutuhkan untuk menyalurkan vitamin, mineral, dan oksigen ke seluruh tubuh.

2. Mencegah sembelit

Karena tinggi akan kandungan serat, kacang putih bermanfaat dalam mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi. Asupan serat yang tercukupi dengan baik mampu melembutkan tinja sehingga tinja menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Tak hanya itu, kesehatan saluran cerna pun akan lebih terjaga. Ini karena serat yang ada di dalam kacang putih dapat dijadikan makanan untuk bakteri baik di usus.

3. Menjaga atau menurunkan berat badan

Konsumsi kacang putih juga dapat menjaga atau menurunkan berat badan berkat rendahnya kadar kalori di dalamnya. Tak hanya itu, tingginya kadar serat dan protein dalam kacang putih juga mampu memberikan efek kenyang lebih lama. Hasilnya, keinginan untuk makan secara berlebih menjadi berkurang.

Tingginya kadar protein dalam kacang putih juga mampu menekan produksi hormon lapar (ghrelin). Dengan demikian, keinginan untuk mengonsumsi makanan berkalori juga menurun.

4. Menurunkan kadar gula darah

Kacang-kacangan, seperti kacang putih, baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ini karena kandungan magnesium, serat, dan protein di dalamnya bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah.

Terkait hal tersebut, sebuah penelitian mengungkap bahwa penderita diabetes tipe 2 yang gemar mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang putih, cenderung memiliki kadar gula darah yang terkontrol. Manfaat kacang putih tersebut tentunya bisa diperoleh secara maksimal jika diimbangi dengan menjalani pola hidup sehat lainnya.

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Kacang putih kaya akan kandungan polifenol yang bersifat antioksidan. Antioksidan merupakan zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi dan memperbaiki sel yang rusak. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan infeksi.

Kacang putih juga mengandung magnesium yang dibutuhkan untuk memelihara fungsi kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi kacang putih, imunitas tubuh akan meningkat.

6. Mencegah osteoporosis

Dengan mengonsumsi kacang putih, risiko untuk terkena osteoporosis akan berkurang. Ini karena kacang putih mengandung mineral penting yang dibutuhkan untuk mendukung tulang yang sehat, seperti kalsium, fosfor, dan kalium.

Kalsium dan fosfor berperan penting dalam menyokong tulang yang kuat. Sementara kalium diperlukan untuk meminimalkan terbuangnya kalsium melalui urine sehingga manfaat kalsium bisa diperoleh secara maksimal.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment