6 Perubahan yang Terjadi Pada Tubuh Saat Minum Kopi Tiap Hari

15 August 2024 - 06:45 WIB
ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kopi merupakan salah satu minuman populer di masyarakat Indonesia. Tidak hanya wangi dan nikmat, minuman ini rupanya menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kerap tak disadari.

Manfaat kopi yang dirasakan tubuh bisa berbeda-beda pada setiap orang tergantung dari sensitivitas masing-masing individu. Dikutip dari Eating Well, berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi kopi setiap hari untuk kesehatan:

1. Energi Meningkat
Secangkir kopi hitam mengandung kafein bisa menjadi stimulan alami dan membantu tubuh berenergi setiap hari. Senyawa ini dapat merangsang sistem saraf pusat dan membantu tubuh menjadi lebih semangat.

Tak heran, minuman ini kerap dikonsumsi di pagi hari sebelum beraktivitas atau bekerja.

2. Lancar Buang Air Besar
Minum kopi secara teratur dapat membantu buang air besar menjadi lebih lancar. Dari berbagai penelitian, kopi dapat membantu motilitas kolon atau gerakan yang ada di saluran pencernaan.

Penelitian yang diterbitkan di Nutrients pada tahun 2024 menunjukkan minum kopi dapat meningkatkan keinginan untuk buang air besar di sekitar sepertiga populasi, berkat stimulasi motilitas kolon tersebut.

3. Suasana Hati Membaik
Kopi dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk menjaga suasana hati. Sebuah studi pada tahun 2019, dalam Journal of Basic and Clinical Physiology and Pharmacology menunjukkan orang dewasa sehat mengalami peningkatan suasana hati 30 menit setelah mengonsumsi kafein.

4. Turunkan Risiko Alzheimer
Selain kafein, kopi juga mengandung sejumlah senyawa polifenol bioaktif yang dapat mendukung aspek-aspek kesehatan, termasuk otak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2021, konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko terkena kondisi neurodegeneratif.

Itu termasuk alzheimer, parkinson, dan demensia. Tak ada salahnya mengonsumsi kopi secara rutin untuk menjaga kondisi kesehatan otak.

5. Mencegah Risiko Penyakit Kardiovaskular
Mengonsumsi kopi setiap hari juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2018 menunjukkan kebiasaan minum 3-5 cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 15 persen.

Penyakit kardiovaskular tersebut meliputi penyempitan pembuluh darah di jantung dan organ lain serta menurunkan risiko masalah penyakit jantung.

6. Fungsi Tiroid Membaik
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2023 menemukan keterkaitan yang erat antara konsumsi kafein dosis sedang dengan peningkatan fungsi tiroid di antara orang-orang dengan gangguan metabolisme.

Secara khusus asupan kafein antara 9,97 - 264,97 milligram per hari dikaitkan secara positif dengan kadar hormon perangsang tiroid yang sehat.

(mz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment