Jarang Diketahui Inilah Manfaat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

19 July 2023 - 06:45 WIB
Foto: Alodokter

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Tanaman Mahkota dewa atau Phaleria macrocarpa adalah tanaman herbal yang berasal dari Papua. Tanaman ini diketahui mengandung berbagai senyawa antioksidan, seperti flavonoid, alkaloid, tanin, dan saponin.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa yang terkandung dalam mahkota dewa memiliki sifat anti radang dan antibakteri yang penting bagi tubuh.

Dilansir dari alodokter, Selasa (18/7/23), berkat sifat antioksidan dan efek lain yang dimilikinya, mahkota dewa dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah dan gangguan kesehatan, di antaranya:

1. Mengatasi batuk

Khasiat Tanaman mahkota dewa dalam mengatasi batuk berasal dari sifat anti radang, antibakteri, dan antivirus yang dimilikinya. Semua komponen tersebut berfungsi untuk melegakan saluran pernapasan dan melawan infeksi penyebab batuk. Sifat antioksidan yang dimiliki mahkota dewa juga meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu meredakan gejala batuk dengan cepat. Berkat khasiatnya tersebut, mahkota dewa banyak digunakan sebagai salah satu kandungan obat batuk herbal.

2. Meredakan gejala asam urat

Untuk meredakan gejalanya asam urat, Anda bisa mengonsumsi suplemen mahkota dewa. Manfaat mahkota dewa sebagai obat asam urat diduga berasal dari kandungan flavonoid yang tinggi di dalamnya. Senyawa aktif tersebut diketahui memiliki sifat anti radang yang dipercaya dapat menghambat pembentukan asam urat dan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine.

Baca Juga:  Persija Jakarta Sukses Taklukkan Bhayangkara FC 4-1

3. Mengurangi risiko terkena diabetes

Mahkota dewa juga memiliki kandungan saponin yang diketahui dapat menghambat pemecahan karbohidrat menjadi gula di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan tanin dalam mahkota dewa juga bermanfaat untuk mengurangi penyerapan gula di saluran pencernaan.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonoid yang terkandung dalam mahkota dewa juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan flavonoid dapat mencegah kerusakan dinding pembuluh darah yang bisa memicu kenaikan tekanan darah.

5. Mencegah penyakit jantung

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit jantung. Dengan begitu, konsumsi ekstrak mahkota dewa dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi sekaligus penyakit jantung.

6. Mencegah kanker

Manfaat selanjutnya dari buah berwarna merah ini adalah mencegah kanker. Ini karena mahkota dewa mengandung berbagai senyawa tinggi antioksidan, salah satunya flavonoid, yang dipercaya mampu mencegah kerusakan sel dan menghambat pertumbuhan kanker.

Bagian mahkota dewa yang bisa diolah menjadi obat herbal adalah buah dan daunnya. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, kedua bagian mahkota dewa tersebut umumnya akan dikeringkan untuk diambil ekstraknya dan dijadikan suplemen dalam bentuk kapsul.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment