Jarang Diketahui, Ini 6 Khasiat Daun Sembung bagi Kesehatan Tubuh

22 October 2023 - 08:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kini, ada banyak sekali tanaman herbal yang memiliki sejumlah khasiat untuk tubuh, salah satunya daun sembung. Daun yang termasuk ke dalam jenis tanaman liar ini dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit.

Sembung merupakan spesies tanaman yang masuk ke dalam genus Bluema, famili Asteraceae (Compositae). Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini punya nama yang berbeda-beda, seperti kemandin (Madura), sembung utan (Jawa Barat), hingga mandikapu (Bali).

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (20/10/23), berikut sejumlah manfaat daun sembung untuk kesehatan:

1. Menyembuhkan Diare dan Sakit Perut

Manfaat daun sembung yang pertama adalah dapat menyembuhkan diare dan sakit perut. Dalam e-jurnal milik FKIP Universitas Samudra, daun sembung memiliki sifat antibakteri sehingga dapat melawan mikroba yang menyebabkan sakit perut.

2. Mengatasi Nyeri Haid

Bagi para ladies yang sering merasa nyeri saat haid, cobalah untuk mengonsumsi daun sembung. Soalnya, efek antiinflamasi di daun sembung dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri ketika menstruasi.

Baca Juga:  Kotornya Udara, Ini 5 Minuman Detoks yang Bisa Dikonsumsi Tuk Bersihkan Paru-Paru

3. Mengatasi Nafsu Makan Berkurang

Apakah si kecil sedang sulit makan? Jika iya, cobalah gunakan obat-obatan herbal seperti daun sembung. Sebab, daun ini dipercaya dapat mengatasi nafsu makan berkurang.

4. Menyembuhkan Luka

Dalam suatu penelitian yang dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa daun sembung dapat mempercepat proses penyembuhan luka eksisi di kulit. Hal ini terjadi karena daun sembung mengandung flavonoid yang memberikan efek terapeutik dalam menyembuhkan luka.

5. Menurunkan Demam

Apabila kamu atau sang buah hati mengalami demam tinggi, cobalah untuk menggunakan obat alternatif dari daun sembung. Di dalam buku Kita Tanaman Obat Nusantara oleh Herlina Widyaningrum, daun sembung dipercaya dapat menurunkan demam karena mengandung ekstrak metanol.

6. Mengobati Flu

Manfaat daun sembung yang terakhir adalah dapat mengobati flu. Sebab, daun ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus, sehingga sudah digunakan sejak lama oleh masyarakat sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan flu.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment