Inilah Makanan yang Bisa Mencegah Perut Menjadi Buncit

30 August 2023 - 20:30 WIB
Foto: Liputan6

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Selain membuat jadi tidak percaya diri, perut buncit bisa menandakan sejumlah penyakit seperti obesitas dan fatty liver. Karena itu perlunya mengonsumsi sejumlah daftar makanan yang bisa mencegah perut buncit.

Kondisi perut buncit yang disebabkan oleh timbunan lemak perut dikenal dengan sebutan visceral fat. Timbunan lemak ini bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan karena letaknya yang dekat dengan organ dalam tubuh.

Dalam keterangannya, Ahli gizi terdaftar dari Colorado, Amerika Serikat, Janet Coleman, menjelaskan, lemak visceral tergolong sebagai lemak yang sangat sulit untuk dikurangi. Tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup sehat bisa membantu mengecilkan kadarnya, sekaligus meningkatkan kesehatan.

Dilansir dari cnnindonesia.com, Rabu (30/8/23) berikut ini daftar makanan yang bisa mencegah perut buncit, di antaranya:

Baca Juga:  Catat! Berikut 5 Tips Cegah Penuaan Dini Akibat Paparan Polusi Udara

1. Oatmeal

Oatmeal atau gandum terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sehingga jenis makanan ini kerap dijadikan sebagai bahan untuk "sarapan super" karena kandungan seratnya yang sangat tinggi. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kandungan serat gandum yang sangat tinggi sangat ampuh untuk menstabilkan gula darah, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit kronis, dan membantu mengelola penurunan berat badan.

2. Kacang-kacangan

Beberapa orang mungkin menghindari kacang-kacangan karena tinggi kalori dan lemak. Namun, jika menghitung kalori, kita dapat memasukkan beberapa kacang ke dalam makanan tanpa melebihi asupan kalori harian yang direkomendasikan. Kacang-kacangan kaya akan lemak baik yang baik untuk jantung dan mengurangi risiko diabetes tipe II. Kacang adalah makanan penurun berat badan yang bagus yang membantu mencegah perut buncit karena kandungan protein dan seratnya yang tinggi.

3. Buah

Buah adalah makanan yang baik untuk ditambahkan sebagai menu sarapan untuk membantu mengecilkan lemak perut penyebab perut buncit. Hal ini disebabkan karena buah dapat membantu mengekang keinginan seseorang untuk mengonsumsi gula sepanjang hari dan dapat membuat kenyang untuk waktu yang lebih lama karena kandungan seratnya.

Buah-buahan tertentu seperti stroberi dan blueberry mengandung flavonoid, yang telah diketahui membantu dalam menurunkan berat badan.

4. Ikan salmon

Ikan salmon adalah sumber lemak sehat lain yang lezat yang dapat Anda gunakan untuk memulai hari. Konsumsi salmon panggang dengan roti gandum untuk sarapan, ditambah buah sebagai pencuci mulut, akan menjadi menu sarapan super bagi yang ingin merasa kenyang, tanpa begah. Selain itu ada bonus nutrisi yang mampu mengurangi jumlah lemak visceral.

5. Yoghurt

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengalami obesitas yang mengonsumsi tiga porsi yoghurt bebas lemak sehari (dan juga menjalani diet rendah kalori) kehilangan lebih banyak lemak dan berat badan secara signifikan dibandingkan mereka yang juga menjalani diet rendah kalori tetapi tidak minum yoghurt.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment