Inilah Dampak Negatif Dari Game Online Jika Dilakukan Dengan Berlebihan

14 May 2023 - 21:00 WIB
Foto: indozone

Tribratanews.tribratanews.com - Game online merupakan sebuah permainan yang dimainkan dengan menggunakan jaringan internet untuk mengaksesnya.

Bermain game secara online menjadi aktivitas yang paling menyenangkan dalam beberapa tahun ini, terutama karena perkembangan internet yang pesat.

Kemudahan untuk mengakses game online ini dapat berdampak buruk jika tidak disikapi dengan baik. Minggu (14/5/23).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja merupakan kelompok usia terbanyak yang mengalami permasalahan dengan menggunakan teknologi internet. Dampak negatif game online membuat susah ngontrol diri.

Baca Juga:  Timnas Bola Basket Putri Indonesia Raih Emas Pertama Kali di SEA Games 2023

Kehadiran game online banyak menarik perhatian kalangan remaja di masyarakat. Sampai saat ini, permainan game online sangat digemari para remaja, terutama yang masih duduk di bangku sekolah.

Hal ini terbukti ketika jam istirahat tiba, banyak para siswa yang berkumpul untuk bermain game online. Mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu istirahat dengan bermain game online.

Para pelajar juga cenderung tidak mengerjakan tugas yang diberikan dari sekolah. Disebabkan ketika berada di rumah pun mereka asyik bermain game. Tentu hal ini akan membawa dampak negatif bagi pertumbuhan remaja.

Dampak-dampak yang bisa dialami para remaja jika bermain game online secara berlebihan yaitu kurang berinteraksi dengan teman sekitar, kehilangan kontrol atas waktu, dan penurunan nilai akademik

Inilah dampak negatif dari bermain game online, dilansir dari kumparan.com:

1. Kurang Berinteraksi dengan Teman Sekitar
Seseorang yang sedang bermain game online tidak akan menghiraukan lingkungan disekitarnya. Ia hanya akan fokus pada layar handphone dan lebih senang untuk mengasingkan diri.

Game online dapat menyebabkan remaja tidak saling berinteraksi dengan teman sekitarnya dan sering berbicara sendiri dengan gadget.

2. Kehilangan Kontrol atas Waktu
Remaja yang kecanduan game online akan lebih banyak menghabiskan waktunya. Banyak remaja yang menghabiskan waktu untuk bermain game lebih dari dua jam/hari atau lebih dari 14 jam/minggu.

3. Penurunan Nilai Akademik
Permainan game online juga bisa menghambat remaja dalam belajar atau menjadikan para remaja tidak suka membaca dikarenakan kecanduan yang berlebihan yang didapat dari game tersebut. Remaja yang kecanduan game online akan cenderung menjadikannya semakin malas belajar.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment