Inilah 7 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Bayi Dalam Kandungan

5 June 2024 - 08:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Buah naga atau pitaya memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil (bumil) karena kandungan nutrisinya yang kaya akan vitamin dan mineral, sehingga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil tetapi juga penting bagi perkembangan janin.

Ada beberapa zat Vitamin yang terkandung dalam Buah Naga seperti, Vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan zat besi di dalamnya sangat penting untuk mencegah anemia, serta serat yang tinggi dalam buah naga juga merupakan manfaat besar bagi ibu hamil.

Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam buah naga membantu ibu hamil tetap terhidrasi selama masa kehamilan, kandungan airnya yang melimpah membuat buah naga dapat mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh semuanya berkontribusi pada kesehatan ibu dan janin.

Berikut beberapa manfaat buah naga bagi ibu hamil:

1. Sumber Vitamin dan Mineral
Buah naga kaya akan vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mengandung zat besi penting untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

2. Serat
Kandungan serat yang tinggi dalam buah naga dapat membantu mencegah sembelit, yang merupakan masalah umum sering dialami ibu hamil.

3. Antioksidan
Buah naga mengandung antioksidan seperti betacyanin yang membantu melawan radikal bebas dan mendukung kesehatan sel.

4. Kesehatan Tulang dan Gigi
Kalsium dan fosfor dalam buah naga penting untuk perkembangan tulang dan gigi janin.

5. Kandungan Air yang Tinggi
Buah naga memiliki kandungan air yang tinggi, membantu ibu hamil tetap terhidrasi.

6. Asam Folat
Asam folat dalam buah naga sangat penting untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin, serta membantu mencegah cacat tabung saraf.

7. Rendah Kalori
Buah naga rendah kalori sehingga dapat menjadi camilan sehat bagi ibu hamil tanpa khawatir tentang penambahan berat badan yang berlebihan.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment