Wajib Tahu, Kemarahan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Tubuh

5 June 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Para ahli mengungkapkan bahwa kemarahan memiliki efek yang unik dibandingkan emosi negatif umum lainnya seperti kesedihan atau kecemasan, terhadap kesehatan pembuluh darah serta berpotensi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dalam jangka panjang.

Dilansir dari Journal of American Heart Association, dan memberikan lebih banyak pencerahan tentang hubungan kompleks antara kesehatan mental dan kesehatan fisik.

"Kami menemukan bahwa kemarahan, namun bukan emosi lain yang kami pelajari, mempunyai dampak buruk bagi kesehatan pembuluh darah," ungkap Ahli Jantung dan Profesor Kedokteran di Divisi Kardiologi di Amerika Departemen Kedokteran Columbia University Irving Medical Center, Daichi Shimbo seperti dikutip dari laman Healthline, Minggu (2/6/2024).

Wakil Ketua Eksekutif Kodekteran di divisi kardiologi di Universitas New Mexico, Archrekar, MD, MPH, yang tidak berafiliasi dengan penelitian ini, menyebutkan pernyataan ini 'luar biasa'.

"Mereka telah mengukur cara untuk melihat biologi vaskular kita, seberapa sehat fungsi sel-sel kita, dengan sesuatu yang sangat umum pada manusia: keadaan emosional," ungkap Achrekar.

Achrekar menyampaikan bahwa Tujuan mereka adalah untuk menyelidiki hubungan antara keadaan emosional dan kesehatan sel endotel, yang merupakan indikator kesehatan pembuluh darah secara keseluruhan.

Sel endotel melapisi bagian dalam pembuluh darah dan merupakan mekanisme penting untuk menjaga kesehatan aliran darah ke seluruh tubuh.

"Pembuluh darah kita bukan sekadar saluran; mereka adalah organ aktif yang mengatur dirinya sendiri dan berfungsi untuk meningkatkan atau terkadang memperburuk kesehatan jantung kita secara keseluruhan," tutup Achrekar.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment