Inilah 5 Penyakit yang Termasuk Endemi di Indonesia

24 June 2023 - 06:45 WIB
Foto: serambinews.com

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Pandemi Covid-19 kini berubah status menjadi endemi. Endemi sendiri merupakan istilah yang digunakan terhadap suatu penyakit yang terjadi di suatu daerah atau golongan masyarakat.

Saat status penyakit menjadi endemi, maka penyakit ini dianggap bisa dan memang biasa terjadi di masyarakat. Di Indonesia sendiri ada beberapa penyakit yang digolongkan sebagai endemi.

Berikut daftar lengkapnya, dilansir dari cnnindonesia:

1. Malaria

Malaria adalah penyakit yang ditularkan melalui nyamuk. Jenis nyamuk yang menularkan adalah Anophelesbetina yang mengandung plasmodium atau parasit penyebab malaria. Beberapa wilayah di Indonesia adalah wilayah dengan endemi malaria, misalnya di Papua. Penanganan biasanya dilakukan dengan pencegahan dan penyuluhan terhadap masyarakat. Tenaga kesehatan juga rutin memberikan vaksinasi kepada masyarakatnya.

Baca Juga:  Polri Tangkap Penimbun 1,2 Ton Solar Bersubsidi di Manokwari

2. Demam berdarah dengue (DBD)

Sama dengan malaria, DBD juga merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Bedanya, nyamuk yang menularkan penyakit ini adalah Aedes Aegypti. Biasanya DBD muncul di musim hujan, terutama di daerah-daerah yang banyak genangan air. Penyakit ini cukup berbahaya. Bahkan bisa menyebabkan penderitanya meninggal dunia.

3. Rabies

Akhir-akhir ini penyakit rabies juga jadi salah satu penyakit yang banyak dibicarakan di Indonesia. Rabies juga tergolong dalam penyakit endemi. Penyakit ini cukup berbahaya. Biasanya ditularkan melalui gigitan anjing yang memang telah terjangkit penyakit rabies sebelumnya. Jika tidak ditangani sesegera mungkin, orang yang terkena rabies bisa meninggal dunia.

4. Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TBC termasuk dalam penyakit endemi di Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Paling sering penyakit ini menyerang paru-paru, tapi organ tubuh lain juga bisa diserang oleh TBC. Saat ini penanganan TBC dilakukan, salah satunya dengan pemberian vaksin sejak dini.

5. Leptospirosis

Penyakit ini mungkin lebih dikenal dengan istilah penyakit kencing tikus. Biasanya muncul saat musim hujan di daerah-daerah yang terkena banjir. Penyakit ini ditandai dengan infeksi di bagian kaki. Penyakit muncul akibat air terkontaminasi urin hewan yang akhirnya masuk ke bagian tubuh yang luka.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment