Ingat! 5 Makanan Sehat Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

27 September 2023 - 06:45 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta.  Setiap orang memerlukan nutrisi untuk kekuatan dan kesehatan tubuhnya, dan setiap orang pasti ingin sehat dengan cara berolahraga dan tentunya harus mengonsumsi juga makanan yang sehat yang kaya akan nutrisi. Meski kaya akan nutrisi, beberapa makanan sehat ini tetap tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Sebab bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Dilansir dari detikfood Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Mulai dari vitamin, serat, protein, karbohidrat, dan sejumlah mineral penting lainnya.

Demi mengasup nutrisi tersebut, tak sedikit orang yang jadi makan berlebihan. Alasan agar bisa mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Padahal faktanya, beberapa makanan sehat tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena bisa berbalik membawa efek buruk pada kesehatan. Berikut 5 makanan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

1. Wortel

Makanan yang mengandung Beta-karoten yang tinggi dan juga menyehatkan mata serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi wortel Menurut ahli gizi Jennifer Altman makan wortel terlalu banyak bisa menyebabkan karotenemia atau kelebihan beta-karoten yang menyebabkan kulit menghitam.

Baca Juga:  Ini Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin D Pada Tubuh

2.Pisang

Pisang merupakan buah dengan nutrisi yang bagus untuk kesehatan jantung dan juga dikemas dengan kalium untuk kesehatan tulang. Namun, menurut ahli gizi Kim Yawitz, makan pisang berlebihan bisa berbahaya. Jika, banyak mengasup kalium bisa fatal untuk darah, terlebih pada penderita penyakit ginjal.

"Pisang juga mengandung sorbitol, gula alkohol yang dapat menyebabkan gas, kembung, dan diare dalam jumlah yang besar. Makan pisang satu hari satu buah sudah cukup," ungkap KimYawitz

3. Air

Demi mendukung kesehatan tubuh dan tidak dehidrasi kebanyakan banyak dari kita dan juga ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi air putih yang banyak, namun jika berlebihan ternyata bisa berbahaya.

Menurut dokter gizi Rosemary Trout, minum air putih yang berlebihan bisa menyebabkan hiponatremia, yaitu ketidakseimbangan elektrolit yang terjadi ketika kadar natrium dalam tubuh terlalu rendah.

4. Tuna

Merupakan salah satu ikan terbaik didunia dengan kandungan lemak Omega-3 dan vitamin B12 yang tinggi. namun cara mengonsumsinya hanya disarankan seminggu sekali karena jika terlalu banyak dikonsumsi bisa berbahaya bagi otak dan sistem saraf.

5. Kopi

Dengan kandungan kafein pada kopi memberikan manfaat kesahatan jika mengkonsumsinya dari 500-600 mg perhari, namun jika terlalu berlebihian mempunyai efek samping yaitu insomnia, gelisah, mual, jantung berdebar, kecemasan, sakit kepala. Yang lebih fatal bisa mengalami serangan jantung.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment