Ini Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin D Pada Tubuh

26 September 2023 - 08:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, kekurangan vitamin D dapat memiliki dampak serius pada kesehatan kita. Kali ini kita akan membahas bahaya akibat kekurangan vitamin D dan pentingnya menjaga kadar vitamin D yang cukup dalam tubuh.

Vitamin D adalah nutrisi yang diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh. Vitamin ini berfungsi untuk mendukung kesehatan dan pertumbuhan tulang. Meski demikian, akibat kekurangan vitamin D tidak hanya terbatas pada kesehatan tulang, dilansir dari laman resmi alodokter.

Berikut akibat kekurangan Vitamin D

1.            Tulang dan Gigi Mudah Rapuh

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit tulang dan gigi, seperti osteoporosis, gigi keropos, serta gangguan postur tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin D memiliki peran penting dalam proses penyerapan kalsium dalam tubuh.

2.            Rakhitis (Pada Anak-Anak)

Kondisi yang terjadi pada anak-anak karena kekurangan vitamin D, kalsium, atau kedua-duanya. Ini dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang yang buruk, deformitas tulang, dan masalah kesehatan lainnya.

3.            Penyakit Jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan risiko penyakit jantung, termasuk hipertensi dan penyakit jantung koroner.

Baca Juga:  Jarang Diketahui, Ini Lima Manfaat Paparan Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh

4.            Masalah Kesehatan Mental

Beberapa penelitian telah menghubungkan kekurangan vitamin D dengan masalah kesehatan mental, termasuk depresi, gangguan mood, dan kecemasan.

5.            Penyakit Infeksi

 Vitamin D memiliki peran dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Kekurangan vitamin D dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit menular.

Dilansir dari laman siloamhospital Cara Mencegah Kekurangan Vitamin D

Mencegah kekurangan vitamin D pada dasarnya dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Anda perlu mengonsumsi makanan sehat, khususnya yang mengandung vitamin D tinggi, sesuai dengan kebutuhan seperti telur, susu, ikan laut, dan yoghurt.

Anda juga disarankan untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi (sekitar jam 8-10 pagi) selama 15 hingga 30 menit untuk membantu proses sintesis vitamin D dalam tubuh. Apabila diperlukan, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin D secara rutin sebesar 600-800 IU per hari. Kebutuhan vitamin D mungkin akan lebih tinggi untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu sesuai dengan anjuran dokter.

Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang perlu dilakukan sebagai salah satu cara untuk menghindari terjadinya defisiensi vitamin D.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment