Empon-Empon, Minuman Tradisional yang Kaya akan Manfaat

22 May 2024 - 08:00 WIB
Shutterstock

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Empon-empon merupakan minuman tradisional khas Jawa berbahan dasar rempah-rempah yang bermanfaat untuk kesehatan.

Kombinasi bahan-bahan alami dan sehat seperti jahe, temulawak, kunyit, asam jawa, dan gula merah, menjadikan empon-empon menyehatkan dan direkomendasikan sebagai minuman andalan saat masuk angin.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (19/5/24), berikut sederet manfaat empon-empon bagi kesehatan, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan nutrisi pada empon-empon dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Buat kamu yang suka makan pedas, makanan bergas, ataupun kurang makan serat, minum empon-empon dapat membantu mengembalikan keseimbangan pencernaan.

2. Menghangatkan Tubuh

Jahe yang diolah sebagai minuman dapat membantu menghangatkan tubuh. Apalagi bila dicampur dengan kunyit, temulawak, dan asam jawa, khasiat akan lebih baik.

Temulawak juga baik untuk pengidap gangguan lambung, sembelit, diare, bahkan radang sendi. Empon-empon pun lebih nikmat diminum malam hari, sebelum tidur, terutama saat cuaca dingin karena hujan.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tak hanya memiliki pelbagai manfaat tadi, beberapa jenis empon-empon dapat membantu menurunkan berat badan. Misalnya, jahe, kunyit, jinten, dan kayu manis, yang bila diolah dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan.

Hanya saja, ketika mencampurkan bahan-bahan ini, sebaiknya jangan ditambahkan lagi gula merah ataupun gula putih untuk mencegah kalori berlebih.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Empon-empon juga efektif meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, empon-empon mengandung kunyit yang bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Empon-empon juga efektif memerangi penyakit, sehingga tubuh lebih bugar, tidak mudah sakit saat cuaca dingin ataupun ketika berinteraksi dengan orang yang sedang flu.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment