Dahsyat, Ini 10 Herbal yang Ampuh Atasi Sakit Perut Bagian Bawah

1 April 2024 - 07:15 WIB
Pixabay

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Berbagai hal yang menyebabkan sakit perut bagian bawah seperti menstruasi, infeksi saluran kemih, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

Pada beberapa kasus, sakit perut ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kamu tidak nyaman. Meskipun banyak teknologi medis yang berkembang, beberapa orang masih tetap memilih herbal sebagai alternatif pengobatannya.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (30/3/24), berikut sederet herbal yang ampuh meredakan sakit perut bagian bawah, antara lain:

1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri pada bagian perut bawah. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk kapsul atau menambahkannya ke dalam masakan.

2. Jahe

Tanaman jahe merupakan salah satu herbal yang telah teruji selama berabad-abad untuk mengatasi masalah pencernaan, termasuk sakit perut. Jahe dapat membantu meningkatkan peredaran darah dan meredakan kram pada perut.

3. Chamomile

Chamomile merupakan alternatif herbal untuk meredakan nyeri pada perut bawah. Teh chamomile dapat membantu meredakan peradangan dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: Bayern Munchen Kalah Telak 0-2 dari Borussia Dortmund

4. Lemon Balm

Lemon balm memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada perut bawah. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau kapsul.

5. Jintan hitam

Jintan hitam atau black cumin seed dapat membantu meredakan sakit perut karena kandungan thymoquinone-nya yang dapat mengurangi peradangan dan meredakan nyeri.

6. Peppermint

Peppermint mengandung menthol yang dapat membantu meredakan nyeri perut dan meredakan kram pada perut. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau minyak esensial.

7. Fennel

Fennel dapat membantu meredakan kembung dan meredakan kram pada perut. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau menambahkannya ke dalam masakan.

8. Sage

Sage memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada perut bawah. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau kapsul.

9. Licorice

Kemudian ada Licorice. Dengan mengonsumsinya dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan dan meredakan kram pada perut. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau kapsul.

10. Cinnamon

Cinnamon dapat membantu meredakan kembung dan meredakan kram pada perut. Kamu dapat menambahkannya ke dalam masakan atau mengonsumsinya dalam bentuk kapsul.

Namun, perlu diingat bahwa herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi oleh semua orang. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli herbal sebelum mengonsumsi herbal ini.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment