Bukan Hanya Jadi Bahan Masakan, Ini 4 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan

24 October 2023 - 06:45 WIB
Foto: Halodoc

Tribratanews.tribratanews.com - Kencur atau Kaempferia galanga merupakan salah satu tanaman herbal yang punya aroma serta rasa yang sangat unik. Tanaman ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, seperti Kamboja, Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Manfaat kencur yang begitu beragam ternyata tak lepas dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah serat, protein, fosfor, kalium, magnesium, selenium, zat besi, dan zinc. Tak hanya itu, kencur juga mengandung vitamin K, folat, vitamin B, dan C, serta senyawa yang memiliki sifat antiradang, antinyeri, antibakteri, dan antioksidan.

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Hal ini akan memicu terjadinya banyak masalah kesehatan, seperti kerusakan organ ginjal, penyakit jantung, dan stroke.

Siapa sangka, kencur telah lama dimanfaatkan sebagai bahan alami guna mengatasi kondisi tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidan, kalium, juga senyawa yang bersifat diuretik membantu menurunkan tekanan darah sekaligus menjaga tekanan darah tetap stabil. Enggak hanya itu, rempah  ini juga baik dikonsumsi untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Baca Juga:  Sering Diabaikan, Ini 7 Manfaat Ampas Kopi bagi Wajah dan Rambut

2. Membantu Meredakan Peradangan dan Nyeri

Selain membantu menurunkan tekanan darah, manfaat kencur lainnya adalah membantu meredakan peradangan dan nyeri pada tubuh. Ini karena kandungan senyawa yang memiliki sifat antiperadangan dan nyeri pada kencur. Tak heran jika banyak masyarakat menggunakan kencur sebagai obat alami untuk meredakan nyeri karena sakit gigi, peradangan pada sendi, hingga sakit kepala.

3. Mengurangi Stres

Manfaat kencur lainnya yang masih belum banyak diketahui yaitu efek menenangkan yang membantu meringankan masalah kecemasan dan stres yang diberikan. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi suplemen, jamu, atau menggunakan kencur sebagai salah satu aromaterapi.

4. Menangkal Paparan Radikal Bebas

Kencur menjadi salah satu tanaman herbal yang kaya antioksidan, salah satunya adalah flavonoid. Senyawa ini diyakini bisa membantu menangkal terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh yang terjadi karena paparan radikal bebas yang berasal dari polusi. Tak hanya itu, flavonoid juga sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan mencegah terbentuknya sel kanker.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment