Beberapa Makanan Yang Mampu Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Kualitas Udara Buruk

1 November 2023 - 00:15 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Dengan Cuaca dan Kualitas udara yang kotor akan polusi dapat mengganggu kesehatan apalagi dengan tubuh yang sistem imunnya lemah, akan mudah sakit jika terlalu sering menghirup udara kotor, untuk menghindari hal tersebut, harus melakukan pencegahan dengan mengimbangi pola makan sehat dan pola hidup yang sehat.

Pola dan makanan yang sehat itu bisa membantu agar tubuh terhindar dari radikal bebas, sebaiknya mengonsumsi beberapa makanan berikut ini menurut ndtv.com:

1. Kunyit

Tanaman herbal ini bisa melindungi paru-paru dari efek racun polutan dengan mengonsumsi kunyit juga bisa meredakan batuk-batuk hingga iritasi paru-paru akibat polusi udara.

2. Brokoli

Mengonsumsi brokoli bisa mengeluarkan racun yang diakibatkan oleh polusi udara. Itu karena brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat mengeluarkan tingkat karsinogen lebih tinggi melalui usus.

3. Alpukat

Dalam alpukat mengandung Vitamin E yang baik untuk tubuh karena mampu menangkal efek dari beberapa jenis polusi, tidak hanya itu, buah ini bisa mencegah asma kambuh akibat paru-paru yang terisi oleh polusi dari udara.

4. Bayam

Di situasi polusi yang buruk konsumsi sayuran hijau merupakan hal yang dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung Kandungan beta-karoten, zeaxanthin, klorofil, dan magnesium pada bayam sangat baik berfungsi untuk mendorong imunitas tubuh.

5. Tomat

Tomat mengandung beta-karoten, Vitamin C, dan likopen serta antioksidan yang bisa mengurangi inflamasi. Mengonsumsi tomat secara rutin bisa mengurangi kemungkinan asma dan masalah pernapasan lainnya.

Baca Juga:  Waspada, Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Bandung

Kementerian Kesehatan juga mengungkapkan pencegahan dari dampak polusi udara bisa dilakukan dengan menjalani pola 6M dan 1S, di antaranya adalah:

1. Memeriksa kualitas udara melalui aplikasi atau website.

2. Mengurangi aktivitas luar ruangan dan menutup ventilasi rumah/sekolah/tempat umum di saat polusi udara tinggi.

3. Menggunakan penjernih udara dalam ruangan

4. Menghindari sumber polusi dan asap rokok

5. Menggunakan masker saat polusi udara tinggi

6. Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat

7. Segera konsultasi daring/luring dengan tenaga kesehatan jika muncul kelurahan pernapasan.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment