Bau Mulut Mengganggu saat Traveling? Simak Nih Lima Tipsnya

31 May 2023 - 21:30 WIB
Klik Dokter

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Tanpa disadari bau mulut ternyata bisa terjadi saat melakukan perjalanan jauh, seperti traveling. Hal ini tentunya bisa mengganggu aktivitas dan kenyamanan orang lain. Penasaran kenapa traveling bisa menyebabkan bau mulut?

Salah satu penyebab bau mulut adalah perut kosong saat melakukan perjalanan. Jika dalam waktu yang lama mulut tak mengunyah makanan dan minum, maka produksi air liur di rongga mulut mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan mulut kering dan memunculkan bau mulut.

Baca Juga: Polri Kembali Berhasil Tangkap Satu Anggota KKB, Banyak Terlibat Sejumlah Kasus di Yahukimo

Penyebab bau mulut lainnya bisa terjadi karena tidak rutin menjaga kesehatan mulut. Apalagi perjalanan jauh seperti traveling bisa mengabaikan kesehatan mulut demi mengejar waktu.

Tak hanya itu, penyebabnya pun bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis selama perjalanan dan tidak tercukupinya kebutuhan air minum.

Nah, jika Anda tidak ingin mengalami bau mulut yang tidak sedap dan mengganggu perjalanan, dikutip dari beberapa sumber, Rabu (31/5/23)berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Mencukupi Kebutuhan Air Minum

Pastikan untuk menyiapkan air minum . Minum banyak air bisa membantu membersihkan partikel makanan dan bakteri yang terkumpul di mulut dengan baik. Dengan begitu, bau mulut bisa terhindari.

2. Menghindari Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis membuat bakteri di mulut berinteraksi dengan gula dan meninggalkan asam yang berbahaya bagi kesehatan mulut dan gigi. Karena itu, hindari makanan dan minuman manis agar kesehatan gigi tetap terjaga dan bau mulut tidak dirasakan.

3. Kunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet atau permen mint bisa membantu membersihkan gigi dan meningkatkan jumlah saliva (air liur) di mulut, sehingga bisa membersihkan plak dan sisa makanan yang menempel.

4. Hindari Makanan dengan Aroma yang Menyengat

Misalnya makanan yang mengandung bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah. Sebab beberapa bahan makanan ini dapat meninggalkan bau yang tidak sedap di mulut. Sebagai gantinya, konsumsi makanan yang tinggi kadar airnya agar dapat membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri.

5. Tetap Membawa Alat Kebersihan Gigi dan Mulut

Agar lebih praktis, Anda bisa membawa alat kebersihan yang khusus untuk bepergian. Salah satunya obat kumur Total Care Mouthwash.

Obat kumur satu ini mengandung formula CPC, Xylitol, dan 99 persen Natural Antibacterial. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut dari bakteri dan kuman penyebab bau mulut yang tidak sedap, terutama saat melakukan perjalanan jauh.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment