Banyak Kelebihan, Ini 6 Manfaat Es Batu Pada Kesehatan Wajah

13 May 2023 - 19:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Es batu tidak hanya untuk mendinginkan minuman, tetapi juga sering digunakan sebagai kompres dingin untuk meredakan peradangan dan pembengkakan di tubuh.

Tak hanya itu, es batu mampu mengatasi kondisi medis pada tubuh, es batu juga mampu memberikan manfaat bagi kesehatan wajah.

Melansir dari laman alodokter, Sabtu (13/5/23), berikut adalah beragam manfaat es batu yang baik untuk kulit wajah:

Baca Juga:  Polisi Dalami Penemuan Mayat Tanpa Busana di Tapos

1. Meredakan Wajah Bengkak

Ketika bangun tidur, mata dan wajah terkadang membengkak karena penumpukan cairan dari aliran getah bening selama tidur. Untuk mengurangi pembengkakan, anda bisa mengompres wajah menggunakan es batu.

Selain mengatasi pembengkakan pada wajah, kompres es juga dapat mengurangi bengkak pada pipi akibat masalah gusi dan cedera.

2. Mengatasi Mata Bengkak Setelah Menangis

Saat anda menangis, mata akan memproduksi air mata secara berlebihan. Sebagian keluar dari mata atau melalui saluran mata ke hidung, sedangkan sisanya menumpuk dalam jaringan di kelopak mata sehingga bagian ini terlihat membengkak.

Kompres dingin menggunakan es batu bisa mengurangi pembengkakan setelah menangis. Cara ini juga bisa mengurangi penumpukan cairan di kelopak mata.

3. Mengurangi Produksi Sebum di Wajah

Khasiat es batu untuk wajah selanjutnya adalah mengurangi produksi sebum atau minyak di wajah. Sebab, es batu mampu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi sebum pada wajah.

4. Mencegah Jerawat

Penggunaan es batu pada wajah juga dapat mencegah atau mengatasi jerawat yang meradang. Ini karena es batu memiliki sifat antiradang yang bisa meredakan tanda peradangan pada kulit yang berjerawat, seperti nyeri, bengkak, dan kemerahan.

5. Mencerahkan Kulit Wajah

Anda juga bisa menggunakan es batu sebagai perawatan wajah untuk mencerahkan kulit wajah. Sebab, es batu dianggap dapat melancarkan sirkulasi darah, terutama di bagian wajah, sehingga kulit terlihat lebih sehat dan bercahaya.

6. Menyamarkan Kerutan di Wajah

Penggunaan es batu pada wajah juga bisa menyamarkan kerutan dan mencegah tanda penuaan dini di wajah. Ini karena es batu bisa membuat kulit wajah terlihat kencang, sehingga kerutan-kerutan di wajah tersamarkan.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment