Bagi Penderita Diabetes, Ini Sederet Sayuran yang Baik untuk Kontrol Gula Darah

5 December 2023 - 08:00 WIB
Shutterstock

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Bagi penderita diabetes harus memilih makanan dengan tepat agar gula darah tetap stabil. Beberapa jenis sayuran ini cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Salah satu kunci hidup sehat dan umur panjang adalah konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Termasuk konsumsi sayuran sesuai kebutuhan harian.

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), wanita membutuhkan 2 hingga 3 cangkir sayuran sehari dan laki-laki membutuhkan 3 hingga 4 cangkir sehari.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (3/12/23), berikut sederet sayuran yang dianjurkan untuk penderita diabetes, antara lain:

Baca Juga: Polres Aceh Tengah Gelar Razia, Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu 2024

1. Bayam

Dilansir dari Healthline, jenis sayur-sayuran hijau terutama bayam, dapat dipilih sebagai sumber serat rendah karbohidrat bagi pasien diabetes.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, seporsi bayam mentah hanya mengandung 1 gram karbohidrat. Selain rendah karbohidrat, bayam juga kaya vitamin sehingga cocok sebagai pelengkap pada menu diet pasien diabetes.

Kamu dapat meracik beberapa ikan sayur bayam dalam semangkuk salad, atau dapat juga diolah menjadi sayur berkuah. Kamu juga dapat menambahkan beberapa helai daun bayam ke dalam adonan telur dadar saat sarapan.

2. Wortel

Serat dalam sayuran membantu kita merasa kenyang. Ahli diet, Jill Weisenberger merekomendasikan wortel sebagai sayuran yang mengenyangkan dan berserat tinggi untuk penderita diabetes.

Wortel juga kaya akan vitamin A, yang membantu kekebalan dan kesehatan mata.

3. Tomat

Penelitian mengungkap satu buah tomat utuh berukuran sedang mengandung 5 gram karbohidrat. Tomat juga dikenal sebagai sayur yang kaya dengan zat antioksidan, seperti vitamin C dan likopen, yang memberi warna merah pada tomat.

Tak hanya kerap dijumpai dalam menu berkuah, tomat juga cocok sebagai pelengkap salad buah dan sayur agar terlihat lebih berwarna.

Caranya mudah, kamu tinggal memotong kecil tomat lalu dicampurkan ke dalam racikan salad. Kamu juga dapat menyajikan tomat bersama sayuran lain dengan cara dipanggang dalam oven selama beberapa menit.

4. Brokoli

Dilansir dari Everyday Health, brokoli termasuk dalam jenis sayur rendah karbohidrat yang cocok dikonsumsi untuk pasien diabetes.
Menurut USDA, brokoli rendah karbohidrat, kurang dari 5 g per cangkir mentah, dan kaya akan vitamin C (69,4 mg, atau lebih dari 70 persen DV), serat (1,82 g, atau sekitar 6,6 persen DV). , dan zat besi (0,5 mg, atau 2,9 persen dari DV).

5. Kubis

Tak hanya bernutrisi tinggi dan kaya serat, kubis termasuk dalam sayur yang memiliki jumlah karbohidrat paling sedikit di antara keluarga Brassicaceae.

Menurut ahli nutrisi, seporsi kubis cincang memiliki kandungan karbohidrat sebesar 5 gram.

Tak hanya itu, sayuran yang mudah ditemukan di pasaran ini juga memiliki beragam vitamin yang baik untuk tubuh, mulai dari vitamin C dan vitamin K sehingga sangat cocok dijadikan menu dalam program diet rendah kalori bagi penderita diabetes.

6. Kembang kol

Tidak hanya memiliki bentuk yang unik, kembang kol juga termasuk sebagai sayur yang baik penderita diabetes. Menurut ahli gizi, seporsi potongan kembang kol mentah mengandung 5 gram karbohidrat.

Kandungan karbohidrat rendah membuat sayur ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes, terutama sebagai pengganti nasi untuk menstabilkan gula darah.

Tak hanya itu, sayuran ini juga penuh dengan nutrisi dan vitamin, mulai dari vitamin C dan folat

7. Asparagus

Sayuran rendah gula yang paling aman dikonsumsi penderita diabetes adalah asparagus. Sayur ini mengandung nol persen lemak dan tak mengandung gula. Namun, di satu sisi, konsumsi sayur ini akan membantu mempercepat metabolisme tubuh karena kandungan vitamin A, C dan K-nya.

Demikian sayuran yang dianjurkan untuk penderita diabetes yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment