Ahli Gizi Sebut Konsumsi Buah Apel Kaya Gizi Rendah Kalori

20 August 2024 - 21:30 WIB
Antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Ahli gizi lulusan Universitas Indonesia, Vania, mengungkapkan banyaknya manfaat yang diberikan dari buah apel bagi kesehatan, karena kaya akan gizi dan rendah kalori.

"Apel banyak banget manfaatnya. Yang pertama adalah rendah kalori. Jadi satu apel berukuran sedang mengandung sekitar 95 kalori, dan rendah indeks glikemik yang membantu hormon insulin untuk naik," ujarnya, dilansir dari laman Antaranews, Selasa (208/24).

Selain itu, rendahnya indeks glikemik yang ada pada apel membuatnya aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

Berdasarkan Cohort Study tahun 2013 juga menyatakan bahwa bisa membantu meregulasi gula darah dengan baik, sehingga apel aman untuk dikonsumsi.

Tak sampai di situ, ternyata apel juga memiliki kandungan fiber yang tinggi, sekitar 4,4 gram, cukup tinggi untuk makanan yang masuk dalam kategori 'whole food' yang membuat perut akan terasa kenyang setelah makan apel.

Kandungan vitamin c dan potasium yang tinggi dalam apel juga bisa diberikan apel untuk memenuhi kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Apel itu mengandung vitamin c yang cukup tinggi, cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh dalam sehari. Potasium yang tinggi juga, jadi bagus untuk yang suka olahraga, karena bisa mencegah keram, hingga otot lemah," ujarnya.

Adapun, kulit apel juga disebut memiliki kandungan baik, sehingga kandungan gizi pada apel yang utuh, kulitnya dikupas, dibuat menjadi jus berbeda.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment