7 Makanan Murah Dengan Banyak Manfaat Kesehatan

9 October 2023 - 07:15 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Makanan berprotein tinggi  dan banyak manfaat kesehatan tidak harus selalu mahal dan susah didapatkan. mungkin ada beberapa dari kalian yang sudah mengonsumsinya tetapi tidak tahu makanan itu  punya manfaat apa untuk kesehatan kita.

Ada beberapa makanan murah dengan tinggi protein yang bisa kalian coba, karena protein adalah nutrisi penting untuk tubuh dan  mempunyai manfaatnya juga tergolong banyak.

Sangat terasa manfaatnya jika kalian tengah menjalani program diet dan harus memperbanyak asupan protein bisa membuat diet berjalan dengan lancar.

Simak dan cobalah beberapa makanan yang murah tapi tinggi protein:

1. Telur

Siapa yang tidak tahu makanan ini, dengan harga yang murah dan bisa didapatkan di mana saja serta mau disajikan dengan cara apa pun tetap rasanya enak dilidah, tetapi apakah semua tahu banyak nutrisi dari makanan ini.

Dilansir dari cnnindonesia yang Mengutip laman Healthline, telur mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, dan protein. Untuk 1 kilogram telur saat ini dibanderol Rp28-30 ribu.

2. Biji bunga matahari atau kuaci

Meski berukuran kecil, tapi biji bunga matahari mengandung banyak protein. Untuk 1 ons saja bisa mengandung sekitar 6 gram protein nabati yang ramah vegan dengan harga relatif murah yang bisa dijangkau, karena hanya Rp. 9.000 per kemasan

3. Susu

Minuman dengan banyak protein ini bisa ditemukan dalam berbagai kemasan dengan harga yang relatif murah dengan satu cangkir susu murni mengandung lebih dari 8 gram protein yang mudah diserap yang mengandung tinggi mineral kalsium dan fosfor, yang membantu menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

Baca Juga:  Wanita Wajib Coba, Ini 9 Makanan Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil

Susu merupakan sumber protein yang mudah diserap tubuh. Susu memiliki banyak persentase lemak. Hal ini membuat susu jadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Harganya juga tergolong murah, karena biasanya untuk satu liter susu saja hanya dibanderol Rp18 ribu.

4. Oat

Dilansir dari cnnindonesia yang mengutip halam WebMD, oat kaya akan mineral dan berbagai jenis vitamin termasuk fiber guta-glucan.

Satu porsi oat umumnya mengandung 5 gram protein.

5. Kacang

Per 1 ons kacang tanah mengandung 7,3 gram protein. Kacang bisa dinikmati sebagai kacang rebus. Harganya juga relatif murah.

6. Tempe

Tempe merupakan makanan hasil fermentasi kedelai. Rasa gurih yang khas menjadikan tempe bisa digunakan sebagai pengganti daging yang enak. Sedikitnya tempe menawarkan 19 gram protein dalam setiap 100 gram tempe.

7. Dada ayam

Bagian pada ayam ini mengandung banyak protein kurang lebih terdapat sekitar 31 gram protein per 100 gram dada ayam.

Dada ayam bisa dinikmati menjadi apa saja. Misalnya dada ayam yang sudah dimasak dan diiris langsung dicampurkan ke salad.

inilah makanan murah tinggi protein yang mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau, selamat mencoba dan salam sehat.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment