5 Efek Samping Jika Mengonsumsi Terlalu Banyak Garam

17 October 2023 - 12:15 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Makanan apa pun tanpa ada rasa garam memang hambar rasanya. Tapi apakah kalian tahu yang terjadi jika terlalu banyak makan garam?

Garam menjadi salah satu bumbu dapur yang digunakan di hampir setiap sajian. Alasannya, makanan bisa jadi hambar dan tak enak dinikmati jika tanpa garam.

Dilansir dari cnnindonesia, Garam sendiri terdiri dari 40 persen natrium dan 60 persen klorida. Natrium merupakan mineral penting untuk fungsi otot dan saraf yang optimal. Sementara klorida berguna untuk membantu tubuh menjaga keseimbangan air dan mineral, kurang lebih tubuh hanya membutuhkan sekitar 1,5 gram garam setiap harinya. Lebih dari itu, ancaman kesehatan bisa bermunculan..

Walaupun memiliki fungsi yang cukup penting, mengonsumsi garam berlebih juga bisa berbahaya dan menimbulkan efek samping, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Inilah beberapa efek samping jika terlalu banyak memakan garam

1. Perut kembung

Hal ini terjadi karena tubuh menahan air dan membuatnya menumpuk. Ingatlah, rasa asin yang kentara dalam makanan tak bisa dijadikan patokan berapa banyak garam yang dimakan. Makanan seperti Sandwich, piza, hingga sup kalengan menghadirkan rasa yang tak terlalu asin, tapi mengandung garam yang cukup banyak. Maka dari itu, tak heran jika kemudian perut bisa terasa kembung saat mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Baca Juga:  Jarang Diketahui, Ini Sederet Cara Obati Mulut Pahit di Rumah

2. Bengkak pada Bagian Tubuh

Pembengkakan bagian tubuh tertentu bisa jadi tanda Anda terlalu banyak mengonsumsi garam maka dari itu jika terjadi pembengkakan pada tubuh segera cek berapa banyak garam yang di konsumsi. Bagian tubuh yang bengkak biasanya berkisar pada wajah, kaki, tangan, dan pergelangan kaki.

3. Sering Kehausan

Mudah haus juga bisa jadi tanda asupan garam berlebih. Kondisi ini menunjukkan bahwa Anda mengalami dehidrasi. Minum air bisa membantu menetralkan garam dan menyegarkan sel-sel tubuh karena haus sendiri disebabkan oleh tubuh yang menarik air dari sel-sel di dalamnya.

4. Kenaikan tekanan darah

Mengutip Healthline, konsumsi banyak garam juga bisa meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah yang meningkat bisa terjadi karena volume darah lebih besar mengalir melalui pembuluh darah dan arteri Anda.

5. Risiko terkena kanker perut

Beberapa penelitian mengaitkan diet tinggi garam dengan risiko lebih tinggi terkena kanker perut. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dengan asupan garam yang tinggi mungkin memiliki risiko dua kali lebih tinggi terkena kanker perut.

Walaupun begitu pengaruh kadar garam terhadap kanker perut belum benar-benar dipahami. Tetapi banyak para ahli meyakini bahwa pola makan kaya garam dapat membuat seseorang lebih rentan terkena kanker perut karena hal ini terjadi karena tukak atau radang di lapisan lambung.

Demikian beberapa efek samping terlalu banyak makan garam. Patuhi batas asupan garam harian, yakni sebesar 1,5 gram per hari.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment