Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Konsumsi Tahu Bagi Kesehatan

17 October 2023 - 09:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Tahu adalah salah satu makanan yang banyak digemari. makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih.

Tak hanya itu, makanan ini juga mengandung protein nabati dan berbagai nutrisi penting lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Untuk itu, sebaiknya ketahui berbagai kandungan nutrisi dan manfaat makanan ini bagi kesehatan.

Dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, dilansir dari laman alodokter berikut ini berbagai manfaat tahu bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan serat, protein, dan isoflavon dalam tahu nyatanya mampu menjaga kesehatan jantung. Ketika jantung berfungsi baik, maka kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang bisa memicu penyakit jantung.

2. Mencegah kanker
Manfaat selanjutnya yakni dapat membantu mencegah kanker. Hal ini lantaran isoflavon pada makanan ini kuat mencegah kanker tertentu. Misalnya seperti kanker prostat dan kanker payudara.

Baca Juga: Apel Gelar Operasi Mantap Brata 2024, Kapolda : Kita Siap Ciptakan Pemilu Damai di Sulbar

3. Menurunkan risiko kolesterol tinggi
Isoflavon kedelai yang terkandung pada makanan sehat ini dapat mengurangi kadar kolesterol “jahat” LDL. Meskipun tampaknya hal tersebut tidak meningkatkan kadar kolesterol HDL atau “baik” pada tubuh.

4. Tingkatkan kesehatan otak
Bukan hanya untuk menyehatkan tulang, kandungan isoflavon dalam tahu juga bisa meningkatkan kesehatan otak. Hal ini membuat kemampuan mengingat dan fokus menjadi lebih baik.

4. Menurunkan risiko diabetes
Terdapat beberapa penelitian yang membahas mengenai korelasi antara risiko diabetes dengan konsumsi kacang kedelai. Salah satunya adalah studi pada tahun 2020 yang menjelaskan, makanan dari kacang kedelai, seperti juga dapat melindungi terhadap diabetes tipe 2.

5. Konsumsi tahu dapat optimalkan fungsi ginjal
Protein, khususnya protein kedelai mampu mengoptimalkan fungsi ginjal. Tentunya hal ini akan bermanfaat bagi seseorang yang tengah menjalani proses dialisis atau transplantasi ginjal.

6. Menurunkan risiko peradangan tubuh
Makanan ini kaya akan antioksidan dalam tubuh. Memenuhi kebutuhannya membuat tubuh terlindungi dari paparan radikal bebas yang bisa memicu kerusakan pada sel dan jaringan. Kerusakan pada sel dan jaringan bisa menyebabkan peradangan tubuh yang meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis.

7. Mengoptimalkan pertumbuhan rambut
Mengonsumsi tahu bisa membuat kebutuhan protein dalam tubuh terpenuhi dengan baik. Protein dalam tahu mampu membuat rambut menjadi lebih sehat sehingga mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

(rd/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment