Satgas Pangan Polda Jatim Ciptakan Aplikasi Pantau Harga Sembako

1 August 2020 - 07:39 WIB

www.tribratanews.com - Surabaya. Satgas Pangan Polda Jawa Timur membuat aplikasi bernama "Posko Digital Satgas Pangan Tangguh" untuk mencegah terjadinya penimbunan dan permainan harga pangan oleh mafia.



Aplikasi tersebut bisa diakses di seluruh kabupaten dan kota Jatim. Dengan aplikasi tersebut juga, jika masyarakat menemui kecurangan di lingkungannya, bisa dengan mudah melapor.



Aplikasi Pantau Harga Sembako merupakan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jatim dan Bulog Divre Jatim.



Pada aplikasi tersebut, masyarakat bisa mengetahui informasi terbaru tentang naik turunnya harga pangan hingga stok yang ada di lapangan.



"Ini bisa untuk mengecek, misalnya harga gula, beras, dan bahan pokok lainnya. Targetnya untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi terkait dengan ketahanan pangan di Jatim. Kami juga bekerja sama dengan Bulog, Disperindag, Dinas Peternakan, Dinas Perkebunan, dan Dinas Pertanian untuk meng-update setiap hari harga dan stok," jelas Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Suryono.



Di kolom posko digital juga ada kolom pengaduan sehingga bagi yang mengetahui pelanggaran penyimpangan terkait dengan pangan bisa mengisi informasi.



Pada pandemi COVID-19 ini, menurut Suryono, di tengah masyarakat cukup rawan terjadi kecurangan hingga permainan sejumlah pihak terkait dengan stok dan harga bahan pangan. Polda Jatim 
berharap aplikasi tersebut bisa membantu masyarakat mengetahui harga real time di pasaran.



"Kami tidak hanya menunggu pengaduan dari masyarakat, tetapi juga aktif melakukan monitor hingga menindak langsung jika menemukan kecurangan," pungkas Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Suryono.



(fb/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment