Rawan Konflik, Polda Jateng Ungkap Penting Ada Cooling System di Pemilu 2024

20 September 2023 - 17:36 WIB
Foto: Dok. Polda Jateng

Tribratanews.tribratanews.com - Semarang. Polda Jateng mengungkap pentingnya cooling system di Pemilu 2024.

Sebab, menurut Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy, rawan terjadi konflik yang berpotensi mengakibatkan polarisasi di masyarakat saat pemilu.

"Humas juga memiliki tugas penting untuk mendeteksi dan menanggulangi potensi konflik atau ketegangan di masyarakat. Melalui perannya sebagai cooling system harus mampu meredakan ketegangan dan membangun dialog yang konstruktif di berbagai pihak," ujar Kombes Pol. M. Iqbal dalam acara Focus Group Discussion dengan tema "Optimalisasi Peran Humas sebagai Cooling System guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dalam Pemilu 2024", Rabu (20/9/23).

Baca Juga:  Ada Aksi 209 Bela Rempang, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin dan Siagakan 1.000 Personel

Dalam FGD tersebut, hadir Kasubbid Cyber Ditreskrimsus Polda Jateng AKBP Sulistyaningsih, Ketua IJTI Jateng Teguh Hadi Prayitno, Ketua Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) Farid Zamroni, Waketum Bidang Humas BPPMI Yanuar Lukman dan Pengurus Perkumpulan Sosial Harjanto Halim, sebagai narasumber.

Lebih lanjut, Kombes Pol. M. Iqbal pun memastikan agar memastikan pesan edukasi yang disampaikan jelas dan tepat sasaran, maka Humas Polri perlu bersinergi dengan pihak-pihak terkait seperti awak media, influencer dan organisasi masyarakat lainnya.

"Melalui upaya bersama, kita dapat menciptakan situasi yang kondusif  menjaga stabilitas sosial dan memastikan bahwa proses demokrasi dapat berjalan dengan lancar dan adil," tutur Kombes Pol. M. Iqbal.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment