Ada Aksi 209 Bela Rempang, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin dan Siagakan 1.000 Personel

20 September 2023 - 12:16 WIB
Foto: Tribunnews

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitaran kawasan Patung Kuda Indosat, Gambir, Jakarta Pusat, sebagai buntut dari Aksi 209 Bela Rempang.

"Sedang disiapkan, rencana Medan Merdeka Barat dialihkan," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol. Komarudin, Rabu (20/9/23).

Kombes Pol. Komarudin menjelaskan, pengalihan dilakukan bagi arus kendaraan yang melintas di Jalan Medan Merdeka Barat ke Medan Merdeka Selatan. Pengendara bakal dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan. Kemudian, untuk arus lalin di Jalan Medan Merdeka Utara diluruskan ke Jalan Majapahit. Pun dari arah Gajah Mada, bakal diarahkan ke Tomang dan Juanda.

Baca Juga:  Polda Kaltara Bongkar Penyelundupan Baju Bekas Dari Malaysia

"Kepada masyarakat hari ini Jakpus akan melakukan pelayanan dan pengawalan jalannya aksi atau penyampaian pendapat di muka umum yang merupakan hak setiap warga negara. Namun tentunya setiap orang diharapkan mematuhi setiap aturan apakah itu terkait dengan berlalu lintas dan juga untuk penyampaian pendapat di muka umum. Sehingga aktivitas masyarakat ibu kota tetap bisa berjalan meskipun ada beberapa titik yang harus dialihkan," jelas Kombes Pol. Komarudin.

Ia menambahkan, sebanyak 1.000 personel gabungan disiagakan mengawal aksi. Mereka terdiri dari TNI-Polri dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

"Untuk di Patung Kuda, kami siapkan personel 10 SSK, kurang lebih 1.000 personel," ujar Kombes Pol. Komarudin.

Sejumlah organisasi Islam yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) akan menggelar unjuk rasa 'Aksi 209 Bela Rempang' pada Rabu (20/9/23) siang.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment