Polwan Akan Mengambil Peran Dalam Mengamankan Pemilu

5 September 2023 - 20:00 WIB
Foto: krjogja.com

Tribratanews.tribratanews.com - Jateng. Kepolisian Polda Jawa Tengah akan memaksimalkan pengamanan pemilu dengan melibatkan Anggota Polwan untuk pengamanan TPS.

Sebelum diterjunkan, para Polwan akan dipersiapkan melalui berbagai pelatihan pengamanan termasuk dalam pengamanan TPS.

"Polwan akan kita terjunkan secara maksimal dalam pengamanan pemilu 2024 baik itu melalui kegiatan preemtif, preventif serta penegakan hukum,” ungkap Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H.,  pada acara Syukuran HUT Polwan ke 75 Tingkat Polda Jateng di Mapolda setempat, dilansir dari kejogja, Senin (4/9/23).

Tidak hanya itu, Polda Jawa Tengah akan melibatkan polwan dalam berbagai kegiatan operasional kepolisian. Hal itu, jelas Kapolda, sudah didiskusikan dengan perwira koordinator polwan dan Karo Ops Polda Jateng.

Baca Juga:  Gerebek Gudang Solar Ilegal di Medan, Polisi Amankan 11 Orang

Menurut Perwira berpangkat Bintang dua itu, polwan merupakan putri-putri pilihan terbaik yang dicetak untuk melaksanakan tugas-tugas kepolisian. Oleh karena itu personil polwan harus menjaga marwah nama baik institusi Kepolisian dengan terus mempertahankan profesionalitas serta menampilkan prestasi. "Untuk itu, sebagai sosok pilihan, polwan agar tidak melakukan pelanggaran,” ungkap Kapolda.

Sebagaimana seperti wanita pada umumnya, Kapolda mengaku memahami Polwan sebagai wanita memiliki sejumlah keterbatasan. Namun berbagai keterbatasan itu tidak menghalangi pelaksanaan tugas mereka sebagai anggota Polri sehingga polwan tetap memiliki kesempatan yang sama dalam karier dinasnya seperti polisi laki-laki.

“Baik itu di staf maupun di jajaran operasional. Bahkan ada polwan yang menjabat sebagai Kapolres di wilayah Polda Jateng. Tidak dibeda-bedakan,” tegasnya.

Walaupun dituntut dengan harus melibatkan diri dalam Pengamanan Pemilu, Kapolda berpesan agar Polwan tidak melupakan fitrahnya sebagai seorang wanita yang mempunyai peran penting di dalam rumah tangga. Melalui kelembutan sosok seorang ibu rumah tangga, Polwan mempunyai peran penting untuk menjaga keharmonisan dan keutuhan rumah tangganya.

"Jadilah sosok yang mampu memberikan kesejukan di dalam rumah tangga sehingga meski melaksanakan tugas kepolisian mampu menjaga keharmonisan dan keutuhan rumah tangga masing-masing,” ungkapnya.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment