Polri Pastikan Pengamanan Hari Kedua KTT ASEAN Berjalan Aman

6 September 2023 - 18:37 WIB
Foto: Dok. Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Polri memastikan pelaksanaan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta, hari ini (6/9/23) berjalan dengan aman. Namun, memang ada venue lain yang hari ini juga mendapat pengamanan untuk suguhan para delegasi negara ASEAN.

"Untuk kedua hari ini terakhir situasi aman dari beberapa kegiatan semua bisa berjalan dengan baik. Ada kegiatan spouse program di TMII dari jam 9 sampai jam 11," ungkap Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Preventif Operasi Tribrata Jaya 2023, Brigjen. Pol. Rudi Antariksawan, Rabu (6/9/23).

Menurutnya, pengamanan hari ini juga lebih panjang waktunya, mengingat akan ada gala dinner di Plataran GBK malam nanti.

Baca Juga:  Polri Ingatkan Masyarakat Jakarta, Rekayasa Lalu Lintas Berlaku Sore Ini

Disebutkan Kasatgas Preventif, pengamanan lalu lintas sejak pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB dilakukan sterilisasi di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Oleh karenanya, ia mengharapkan dukungan masyarakat untuk menyukseskan pengamanan tersebut.

"Kepada masyarakat dimohon bersabar demi kelancaran KTT ASEAN," ujarnya.

Untuk diketahui, pengamanan KTT ASEAN ke-43 melibatkan lebih dari 6.000 personel gabungan. Ribuan personel gabungan itu terdiri dari 8 satuan tugas (satgas) yang bertugas di ring 3. Adapun kedelapan satgas itu mulai dari preemtif, pereventif, polakir, pengawalan rombongan, gakkum, humas, bantuan operasi, dan antiteror.

Sebagai informasi, KTT ke-43 ASEAN berlangsung pada 5-7 September 2023 di Jakarta yang diikuti oleh 22 negara, terdiri atas 11 negara ASEAN meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment