Polisi Siapkan Personel Untuk Mengamankan Persiapan Piala Dunia U-17

1 November 2023 - 18:00 WIB
Beritasatu

Tribratanews.tribratanews.com - Surabaya. Persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 yang akan dimulai pada tanggal 10 November 2023 semakin intensif, terutama dalam hal keamanan.

Turnamen ini akan dibuka di Gelora Bung Tomo (GBT) di Kota Surabaya, dan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur beserta jajaran kepolisian lainnya telah mulai mengambil langkah-langkah pencegahan.

Ribuan personel telah ditempatkan di berbagai lokasi, termasuk hotel tempat para pemain Tim Nasional (Timnas) akan menginap, serta tempat-tempat latihan dan pertandingan.
Baca Juga: Polisi Tangkap 4 Penyelundupan Komodo
Karo Ops Polda Jatim, Kombes Pol. Puji Santoso, menjelaskan bahwa personel dari berbagai unit, termasuk lalu-lintas, Brimob, Shabara, dan intel telah disiapkan untuk Operasi Aman Bacuya (Badak Bercula Bercahaya) 2023.

"Hari ini kita melaksanakan kegiatan apel tahap awal, karena hari ini informasi kedatangan tim dari Maroko dan nanti sore tim Panama hadir di Jatim," jelasnya, dilansir dari beritasatu, Rabu (1/11/23).

Kombes Pol. Puji Santoso, menambahkan bahwa personel telah disusun dan dibagi untuk berbagai tugas, seperti pengamanan di Bandara, rute, dan akomodasi di hotel.

"Selain itu, kami juga akan melaksanakan pengamanan di lokasi latihan, seperti lapangan Thor, lapangan Tambaksari, serta lapangan A-C GBT," tambahnya.

Total personel gabungan TNI dan Polri yang akan terlibat dalam operasi Aman Bacuya 2023 adalah sebanyak 3.393 orang.

"Untuk pola pengamanan, akan ada koordinasi dengan TNI, dengan pola zona ring satu, dua, dan tiga, mengingat Presiden juga akan hadir," ungkapnya.

Operasi Aman Bacuya akan berlangsung mulai tanggal 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023, sedangkan di Jawa Timur, operasi akan diteruskan hingga tanggal 23 Desember 2023.

"Pengamanan akan fokus pada lokasi kegiatan turnamen dan tempat-tempat yang dianggap rawan gangguan, terutama di area perkumpulan warga," tuturnya.

Piala Dunia U-17 2023 akan digelar mulai 10 November hingga 2 Desember 2023, dengan Gelora Bung Tomo, Stadion Manahan, dan JIS sebagai lokasi penyelenggaraan. Event internasional ini juga akan berlangsung di Stadion Jalak Harupat, Bandung.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berharap seremoni pembukaan di GBT akan menjadi momen meriah, dan menjadi yang terbaik.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment