Polisi Cek Kelayakan Peralatan Dalam Pengamanan Pemilu 2024 di Tasikmalaya

11 October 2023 - 21:45 WIB
Dok. Antaranews

www.tribratanews.com - Tasikmalaya. Polres Tasikmalaya melakukan pengecekan kelayakan seluruh peralatan berupa senjata untuk penghalau maupun pelindung massa kemudian berbagai jenis kendaraan untuk dipastikan semuanya siap digunakan saat pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Selain kita mempersiapkan personel, kita pun juga harus sudah bisa mempersiapkan peralatan dan peralatan yang ada di sarangnya," ujar Kapolres Tasikmalaya, AKBP Suhardi Hery Hariyanto, dilansir dari Antaranews, Rabu (11/10/23).

Kapolres Tasikmalaya menyebutkan bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan untuk melakukan pengamanan Pemilu 2024 agar berjalan lancar, aman, dan tertib.

Ia mengatakan bahwa seluruh peralatan maupun kendaraan yang ada di Polres Tasikmalaya, sudah dicek kondisinya, dan dipastikan layak dan siap digunakan saat pengamanan Pemilu 2024.

Baca Juga: Pengamanan KTT AIS Forum, Polri Bawa Indonesia Cemerlang di Mata Dunia

"Beberapa kendaraan memang masih ada yang perlu perawatan, tapi secara garis besar semuanya bagus dan bisa digunakan," ujarnya.

AKBP Suhardi Hery Hariyanto, mengatakan seluruh peralatan yang dicek itu dari berbagai satuan, seperti Samapta, Satuan Lalu Lintas, kendaraan bhabinkamtibmas, sampai kondisi kelayakan kendaraan di tingkat polsek.

Ia juga mengatakan selain dari berbagai jenis peralatan dan kendaraan, seluruh personel juga sudah dinyatakan siap untuk melakukan pengamanan selama berlangsungnya pemilu.

Polres Tasikmalaya, sebelumnya juga sudah melakukan simulasi sistem pengamanan antisipasi konflik pemilu yang melibatkan banyak personel dan menggunakan peralatan penghalau massa.

Simulasi dilakukan seperti nyata dengan skenario terjadi bentrokan atau amukan massa, kemudian personel polisi yang diterjunkan berusaha mengamankannya hingga kondisi kembali tertib.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment