Polda Sulbar Gelar Sispamkota untuk Mantapkan Kesiapan Jelang Pemilu 2024

11 October 2023 - 18:30 WIB
Foto: Dok. Polda Sulbar

Tribratanews.tribratanews.com - Polda Sulbar terus memantapkan berbagai kesiapan pengamanan salah satunya dengan menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) menjelang puncak pesta demokrasi 2024, Rabu (11/10/23).

Polda Sulbar bersama instansi terkait seperti TNI, KPU Provinsi Sulbar, Bawaslu, Dinas perhubungan, Satpol PP dan sebagainya terlihat melaksanakan simulasi Sistem Pengamanan Kota di depan Hotel Maleo.

Kabid Humas Kombes Pol Syamsu Ridwan menyebutkan Sispamkota adalah upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi kerawanan yang mungkin terjadi saat pelaksanaan Pemilu nantinya.

Baca Juga:  Polda Sumut Gelar Latihan Pra Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024

Simulasi pengamanan yang diperagakan kali ini di antaranya skenario situasi hijau di mana personel melaksanakan patroli maupun imbauan kamtibmas, diperagakan juga pengawalan VIP kandidat calon yang melakukan kampanye di wilayah Mamuju, kemudian penanganan jibom serta simulasi penanganan di TPS dan simulasi di mana personel dari Dit Samapta dan Brimob Polda Sulbar menggunakan pakaian anti huru-hara dan kendaraan taktis memperagakan teknik penanganan massa unjuk rasa yang anarkis.

Kapolda Sulbar, Irjen. Pol. Drs. R. Adang Ginanjar S., M.M., mengungkapkan Sispamkota ini merupakan uji kemampuan dalam mengendalikan massa dalam rangka menguji kesiapsiagaan personil kepolisian khususnya di wilayah hukum Polda Sulbar.

"Intinya melalui momentum kita mengajak semua komponen keamanan untuk menyiagakan diri, mengukur kekuatan dan memetakan potensi gangguan keamanan dan ketertiban, deteksi dini menjadi salah satu bukti kewaspadaan guna mewujudkan situasi yang tetap Aman dan kondusif selama masa pemilu 2024," jelas Kapolda Sulbar.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment