Polda Sumsel Putar Balik 600 Lebih Kendaraan Pemudik Selama 2 Pekan

12 May 2020 - 12:50 WIB
www.tribratanews.com. – Palembang. Selama dua pekan, Direktorat Lalulintas Polda Sumatera Selatan berhasil memutarbalik 600 lebih kendaraan pemudik. Penyekatan kendaraan terus dilakukan hingga situasi kembali normal dan ditetapkan pemerintah.

Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol. Juni, S.H., M.H., menjelaskan, pada umumnya kondisi lalulintas di wilayah Sumsel sejauh ini masih terbilang normal karena tidak semua kendaraan dilarang melintas. Penindakan atau penyekatan hanya dilakukan bagi kendaraan berpenumpang, baik pribadi maupun umum.

“Sejauh ini berhasil kita sekat sudah banyak, kendaraan keluar daerah atau melakukan mudik. Ada 600 lebih kendaraan kita suruh putar balik,” jelas Dirlantas Polda Sumsel, Senin (11/5/2020).

Terdapat 56 posko penyekatan yang tersebar di titik antar provinsi dan antar kabupaten. Penyekatan juga dibantu tim Gugus Tugas Covid-19 yang mendirikan posko berbeda.

“Pos penyekatan bekerja 24 jam. Setiap hari pasti ada kendaraan kita minta putar balik, kita sekat,” terang Dirlantas Polda Sumsel.

Selain itu, Dirlantas Polda Sumsel juga menambahkan bahwa, pengendara yang membandel sangat sulit lolos dari penyekatan meski menggunakan jalur tikus. Sebab, mereka pasti akan tetap dipantau petugas ketika memasuki jalan raya.

Kelonggaran transportasi yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan pada dasarnya telah diaplikasikan sejak program penyekatan kendaraan dua pekan lalu. Pengendara diperbolehkan melintas jika memiliki alasan darurat seperti kemanusiaan, kedinasan, dan tugas sosial, begitu juga kendaraan barang dan BBM tidak akan disekat.

“Ya, surat edaran itu sekarang tertulisnya saja, aplikasinya sudah lama kami lakukan, sejak ada larangan mudik dari presiden. Yang dikecualikan boleh melintas harus membawa surat tugas dari dinas yang menugaskannya dan membawa surat sehat,” terang Dirlantas Polda Sumsel.   (wm/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment