Polda Malut Akan Terus Berperan Aktif Untuk Pastikan Pemilu 2024 Berjalan Dengan Aman dan Kondusif

15 January 2024 - 08:30 WIB
kumparan

Tribratanews.tribratanews.com - Ternate. Polda Malut akan terus berperan aktif dalam memastikan situasi aman dan kondusif melalui sosialisasi antihoax dalam menghadapi momentum pemilu yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil, S.I.K., M.H., menjelaskan pentingnya keberlangsungan proses demokrasi yang damai dan mengajak masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh berita bohong atau hoax yang dapat merusak suasana politik.

"Imbauan ini sebagai bagian dari upaya pihak Kepolisian untuk mencegah potensi konflik yang dapat timbul akibat disinformasi," jelasnya dilansir dari antaranews, Minggu (14/1/24).

Dengan melibatkan masyarakat secara aktif, Polda Malut berharap agar setiap individu dapat menjadi agen perubahan positif dalam menciptakan suasana yang tenang selama periode kampanye dan pemungutan suara.

Baca Juga: Polresta Pekanbaru Laksanakan Minggu Kasih Serta Memberikan Imbauan Untuk Selalu Menjaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

"Masyarakat juga diminta lebih selektif dalam menerima dan menyebarkan informasi terkait pemilihan umum," tambahnya.

Diimbau tentang bahayanya penyebaran berita palsu, yang dapat menciptakan ketegangan di antara masyarakat dan bahkan mengancam Kamtibmas jelang pemilu.

"Oleh karena itu, sinergi antara aparat keamanan serta kesadaran bersama untuk menolak provokasi dan menyebarluaskan informasi yang benar akan menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan pemilu yang adil, damai, dan berintegritas," ungkapnya.

Sebelumnya, Polda Malut menyatakan kesiapan dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 secara aman dan demokratis, tanpa ada gangguan apapun.

Wakapolda Malut, Brigjen. Pol. Samudi, S.I.K, M.H., menambahkan, berbagai macam kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pemilu 2024 di Maluku Utara agar dapat berjalan aman dan lancar serta memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi cara tindak di lapangan.

Pihaknya juga memaparkan capaian kinerja Polda Maluku Utara dan jajaran di tahun 2023, mulai dari bidang pembinaan, operasional hingga pengamanan Pemilu 2024.

Sebelum pelaksanaan Operasi Mantap Brata Kieraha dimulai, Polda Malut telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka cipta kondisi dan mempersiapkan pengamanan seperti Deklarasi Damai, Latihan Sispamkota, Deklarasi Cinta Damai masyarakat Maluku Utara serta Latihan Pra Operasi.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment