Polda Kalteng Imbau masyarakat Taat dan Tertib Berlalu Lintas Saat Arus Balik Lebaran 2022

5 May 2022 - 17:17 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Palangkaraya. Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat untuk taat berlalu lintas di jalan raya saat masa arus balik Lebaran.

Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol. Kismanto Eko Saputro menjelaskan bahwa imbauan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (kamseltibcar lantas) adalah demi kebaikan bersama khususnya pemudik agar tetap berhati-hati selama perjalanan.

"Para pengendara baik roda dua maupun roda empat saat berkendara harus dalam kondisi fit, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan," tutur Perwira Menengah Polda Kalteng.

Kombes Pol. Kismanto Eko Saputro mengatakan, selain kondisi tubuh harus fit kendaraan juga wajib dalam performa yang baik. Jika kondisi tidak memungkinkan jangan dipaksakan untuk berkendara, sebab dapat membahayakan. Apabila kondisi tidak fit, maka dapat beristirahat sejenak.

"Dalam hal ini kami juga sering memgingatkan para pengendara baik roda dua dan empat melalui spanduk maupun media massa, agar mereka tidak mengalami kecelakaan di jalan raya," ungkap lulusan Akabri tahun 1992.

Kabid Humas Polda Kalteng juga mengutarakan bagi para pemudik yang lelah bisa beristirahat di pos pelayanan yang telah disediakan oleh Kepolisian dan instansi terkait lainnya.

"Jika lelah istirahat di pos pelayanan yang ada, jangan dipaksanakan untuk tetap berkendara," tegas mantan Analis Kebijakan Madya Bidang Pidana Narkoba Bareskrim Polri.

Kombes Pol. Kismanto Eko Saputro juga memberikan tips berkendara dengan baik, yakni jangan tergesa-gesa, perhatikan keselamatan di jalan dan patuhi semua peraturan lalu lintas yang ada.

"Semoga melalui imbauan ini, masyarakat bisa lebih aman dan selamat sampai tujuan," tutup Kabid Humas Polda Kalteng.

Share this post

Sign in to leave a comment