Polda Kalsel Kawal Ketat Kedatangan 310 Vial Vaksin AstraZeneca

21 June 2024 - 13:03 WIB
www.tribratanews.com - Banjarmasin. Polda Kalsel mengawal ketat kedatangan 310 vial vaksin Covid-19 AstraZeneca untuk kebutuhan percepatan vaksinasi bagi sejumlah kelompok sasaran di daerah itu. Vaksin itu langsung dibawa ke Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kalsel.

"Sebanyak 1 koli dengan isi 310 vial vaksin tiba di Terminal Cargo Bandara Internasional Syamsudin Noor," kata Dansat Brimob Polda Kalsel, Kombes Pol. Ronny Suseno.

Kabagops Satbrimob Polda Kalsel, AKBP Siswara yang memimpin tim tersebut awalnya melakukan sterilisasi sebelum pemindahan vaksin ke dalam truk oleh Detasemen Gegana.

Selanjutnya, pengamanan di beberapa titik dilaksanakan oleh tim Pelopor Satbrimob hingga distribusi dengan menggunakan mobil truk boks milik Biofarma bertemperatur suhu 2—8°C dengan pengawalan ketat dari personel gabungan Brimob, Sabhara, Ditlantas, serta Polres Banjarbaru.

"Sesampainya di Gudang Instalasi Farmasi, tempat penyimpanan vaksin, Tim KBR (Kimia, Biologi, dan Radioaktif) Brimob juga melakukan kontrol suhu guna memastikan temperatur sesuai dengan standar yang ditetapkan," terang AKBP Siswara

Diketahui vaksin AstraZeneca harus disimpan di lemari pendingin dengan suhu 2 sampai 8 derajat celsius dengan maksimal lamanya penyimpanan enam bulan. Jika dikeluarkan dari lemari pendingin, vaksin hanya dapat bertahan pada suhu 2 sampai 25 derajat celsius selama maksimal 6 jam setelah dibuka.

Share this post

Sign in to leave a comment