Korlantas Polri Pastikan Amankan Pengamanan PON XXI 2024

24 July 2024 - 09:38 WIB
korlantas

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan menyatakan persiapan pengamanan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara telah siap. Aan menyebut segala persiapan mulai personel hingga metode teknologi pengendali operasi siap untuk pengamanan event olahraga nasional.

“Secara keseluruhan sudah siap, personel juga siap, kendaraan, kemudian teknologi untuk pengendalian operasi tersebut sudah siap semua," ujarnya. Selasa (23/7/24).

Kakorlantas Polri mengatakan dari beberapa kali kunjungan kerja ke lokasi gelaran PON, segala persiapan venue juga sudah siap digunakan pada bulan September nanti.

Adapun strategi pengamanan lalu lintas telah disiapkan selama acara berlangsung sejak pengawalan, rute peserta, sampai rekayasa lalu lintas. 

Baca Juga: Polda Sumsel Lakukan Operasi Penertiban Tambang Ilegal di Wilayah Sumatera Selatan

“Kita melihat kegiatan yang akan dilaksanakan, sehingga kita mempersiapkan pengamanan, baik itu pengamanan secara keseluruhan kemudian pengamanan masalah kamseltibcarlantas yaitu pengawalan, pengamanan rute, dan perparkiran," jelasnya.

Korlantas Polri menerjunkan personel sebanyak 380 ke lokasi kegiatan. Personel tersebut akan berkolaborasi dengan jajaran Polda Aceh dan Polda Sumut dan dari satuan Sabhara.

"Ada sekitar 380 (personel Korlantas dikerahkan) untuk mem-backup Polda Aceh dan Polda Sumut dari lalu lintas saja. Kalau dari rekan-rekan Sabhara itu ada juga, termasuk kendaraan," tuturnya.

Pekan Olahraga Nasional (PON) yang ke-21 (XXI) akan dibuka pada 8 September 2024. Acara ini digelar oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat. Gelaran PON setiap 4 tahun sekali ini diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia. Untuk tahun ini, tuan rumah PON XXI 2024 adalah Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

(mz/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment