Kepolisian Hadirkan Aplikasi “SIYANDE” Atasi Kejahatan Online di Provinsi Bali

1 November 2023 - 20:00 WIB
Foto: Humas Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Denpasar. Dalam rangka mengatasi kejahatan Online yang semakin merebak dan sangat meresahkan masyarakat, Polda Bali menghadirkan Aplikasi “SIYANDE” (Sistem Layanan dan Edukasi Online). Kabid Humas Polda Bali, Kombes. Pol. Jansen Avitus Panjaitan S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa kehadiran aplikasi tersebut adalah bentuk peningkatan pelayanan publik oleh Ditreskrimsus Polda Bali di bidang pencegahan kejahatan Online kepada masyarakat.

"Ditreskrimsus memiliki tugas pokok dalam menyelenggarakan proses penyelidikan dan penyidikan tindak pidana khusus antara lain; tindak pidana ekonomi dan korupsi, tindak pidana tertentu dan tindak pidana Siber di daerah hukum Polda Bali," jelas Kabid Humas, Rabu (1/11/23).

Kabid Humas juga mengungkapkan bahwa Kepolisian terus melaksanakan pembenahan untuk menjadi lebih baik dalam melayani masyarakat, mulai dari penampilan kantor sampai dalam pelaksanaan tugas pelayanan publik lainnya sejalan dengan perkembangan teknologi digital saat ini dan ke depannya, masyarakat menuntut layanan Polri yang Smart dan Profesional, mampu menghadapi tantangan dan perkembangan masyarakat era digital yang semakin kompleks. Pengembangan pelayanan Polri berbasis teknologi dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat luas, Ditreskrimsus Polda Bali melalui terobosan dan inovasi menghadirkan Aplikasi layanan edukasi online/digital berbasis WEB, yaitu “SIYANDE”.

Baca Juga:  Polda Metro Jaya Gelar Patroli Skala Besar Untuk 3 Zona Berbeda

"Bagi masyarakat yang memerlukan layanan informasi cukup dengan mengakses link aplikasi web “SIYANDE”, maka akan langsung terhubung dengan layanan informasi yang tersaji dalam fitur layanan informasi," jelasnya lebih lanjut.

“SIYANDE” juga dihadirkan sebagai salah satu penjabaran dari Commander Wish Kapolda Bali yang merupakan turunan dari program Kapolri yakni mewujudkan Polri Presisi yang HEBAT. Harapannya adalah dengan hadirnya aplikasi “SIYANDE” ini Polri semakin dekat dengan masyarakat dan dapat mengedukasi masyarakat secara mandiri agar terhindar dari kejahatan Online/Sybercrime.

"Kami Polda Bali mengimbau kepada seluruh masyarakat Bali agar berhati-hati dalam transaksi online dan bijaksana beraktivitas di ruang digital untuk meminimalisir menjadi korban kejahatan online. Dan yang paling penting untuk keamanan dan terhindar dari kejahatan online mari kita semua segera download Aplikasi “SIYANDE”," tutupnya.

(my/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment