Kekeringan Ekstrem dan Kekurangan Air, Ini Imbauan Polisi

4 September 2023 - 17:00 WIB
Foto: Ilustrasi/Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Semarang. Fenomena El Nino memicu kenaikan suhu udara dan kekeringan ekstrem yang berdampak signifikan serta berpotensi memicu kebakaran lahan dan hutan serta kekurangan air kebutuhan warga Jawa Tengah.

"Kebakaran hutan serta kebakaran di permukiman warga dan jalan tol saat ini kita waspadai. Untuk itu warga masyarakat di Jawa Tengah agar berhati-hati," ungkap Kabid Humas Polda Jateng, Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, S.I.K., M.Si., dilansir dari laman pmjnews, Minggu (4/9/23).

Baca Juga:  Car Free Day Ditiadakan Dalam Rangka Pelaksanaan KTT ASEAN

Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto mengimbau warga dan para pendaki untuk tidak menyalakan api dan membuang puntung rokok secara sembarangan. Karena salah satu penyebab kebakaran adalah faktor manusia. Untuk itu diimbau tingkatkan kewaspadaan agar tidak terjadi kebakaran lahan dan hutan karena faktor manusia.

“Jawa Tengah mempunyai sejumlah gunung yang menjadi favorit para pendaki gunung. Di antaranya, Gunung Lawu, Merapi, Merbabu, Slamet, Sindoro, Sumbing dan Gunung Ungaran. Karena itu bagi mereka yang melakukan pendakian di Jateng agar berhati-hati," jelasnya.

(bg/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment