Kawal Pilkades di Sukabumi, Polisi Turunkan 330 Personel

25 September 2023 - 09:00 WIB
Foto: Siti Fatimah

Tribratanews.tribratanews.com - Sukabumi - Dalam rangka mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak gelombang II di Kabupaten Sukabumi, Kepolisian pun menyiagakan sebanyak 330 personel.

"Kita dari Polres Sukabumi Kota sudah maksimal, nanti kita akan menerjunkan kurang lebih 330 personel yang kita bagi dengan melibatkan seluruh PJU, kemudian Polsek yang melaksanakan Pilkades. Personel kita bagi di titik-titik tertentu apabila suatu waktu dibutuhkan untuk melaksanakan pengamanan, kita cepat bergerak," jelas Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Ari Setyawan Wibowo, Minggu (24/9/23).

Kapolres mengungkapkan bahwa dari 71 desa di Kabupaten Sukabumi yang tersebar di 38 kecamatan, desa-desa melaksanakan Pilkades hanya enam desa yang masuk wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Meskipun hanya beberapa desa saja yang melaksanakan Pilkades, tetapi pihaknya tetap ingin pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa ini tetap berjalan lancar dan aman.

Baca Juga:  Polisi Bantu Evakuasi Korban Banjir di Pasaman Barat

"Kalau pelanggaran kita tetap menunggu dari Panwas Pilkades. Intinya kalau memang pelanggaran administrasi itu diselesaikan oleh panitia pelaksana tapi apabila ada pelanggaran pidana, pihak kepolisian tidak pandang bulu siapa pun kita akan melaksanakan penindakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Contohnya tindak pidana pemukulan dari salah satu calon kepada calon yang lain, itu sudah tindak pidana," jelasnya lebih lanjut.

Kapolres juga mengungkapkan bahwa persiapan pengamanan Pilkades sudah dilakukan jauh-jauh hari.

"Seluruhnya ada 11 TPS. Kita sudah laksanakan kegiatan preemtif dengan datang langsung ke desa-desa yang akan melaksanakan pemilihan kepada desa. Kita imbau untuk tidak terpengaruh provokasi-provokasi dan kita dari kepolisian akan mengawal pada kegiatan baik sebelum, pelaksanaan, maupun sesudah Pilkades," tutupnya.

(my/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment