Kapolda Riau: Seluruh Pihak harus Bersinergi Wujudkan Pemilu yang Berdaulat

18 November 2023 - 18:30 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Pekanbaru. Seluruh pihak harus bersinergi untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang berdaulat di Provinsi Riau. Hal tersebut disampaikan Kapolda Riau Irjen. Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., saat membuka rapat koordinasi lintas sektoral pengamanan Pemilu tahap II yg bertema “Dengan Sinergi dan Kolaborasi Kita Wujudkan Pemilu yang Berdaulat di Provinsi Riau”, di Hotel Grand Elite, Kota Pekanbaru.

“Selaku aparat kita wajib untuk bahu membahu dan bergandengan tangan untuk meyakinkan bahwa pelaksanaan konstelasi pemilu di tahun depan dapat dilaksanakan dengan aman, damai, berdaulat, dan berintegritas,” jelas Kapolda, Jumat (17/11/23).

Baca Juga: Puluhan Kilogram 'Koki' Sabu Asal China Berhasil Diamankan Polisi

Irjen. Pol. Mohammad Iqbal mengatakan bahwa semua harus bergandeng tangan untuk mengambil peran agar pemilu aman, damai dan kondusif. Semua pihak harus bersama-sama melakukan langkah awal dengan melakukan pra kondisionik (cooling system), bersilaturahmi dengan elemen masyarakat dan tokoh ulama, tokoh masyarakat, pemuda dan insan pers.

“Sebagai langkah untuk menuju pesta demokrasi yang baik, sudah seharusnya seluruh pihak terkait bersinergi untuk mengawal Pemilu. Kepada jajaran aparat, wajib saling bersinergi dan meyakinkan bahwa pelaksanaan Pemilu di Riau bisa berjalan aman dan kondusif,” ungkap Kapolda.

Kapolda menambahkan, meskipun penyelenggara Pemilu merupakan wewenang KPU dan Bawaslu. Tetapi, semua pihak sangat penting mengambil peran bagaimana penyelenggara di dalam pemilu tersebut aman dan damai.

“Oleh karena itu, Kepolisian Daerah Riau tentunya tidak bisa bekerja sendiri. Kita sudah melakukan langkah-langkah pra conditioning sejak awal. Kita bersilaturahmi dengan seluruh elemen masyarakat, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh adat, bahkan insan-insan pers dan jurnalis, dan lain-lain kita sudah ajak bicara,” tutup Kapolda.

(bg/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment