Kapolda Papua Pimpin Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 di Jayapura

17 October 2023 - 10:30 WIB
Foto: Jurnal Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Jayapura. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., didampingi Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H., dan PJU Polda Papua, turut serta dalam pelaksanaan Sispamkota (Simulasi Pengamanan Kota) di lapangan Rastra SPN Jayapura, Senin (16/10/23). Kegiatan ini merupakan bagian dari latihan persiapan pengamanan tahapan pemilu dalam Operasi Mantap Brata Cartenz 2023-2024 Polda Papua.

Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Papua Kombes Pol. I Ketut Gede Wijatmika, S.I.K., secara langsung mengambil alih Koordinir yang melibatkan sekitar 900 personil dari berbagai instansi, termasuk Anggota Sat Brimob Polda Papua, Polresta Jayapura Kota, Polres Jayapura, dan personel TNI AD.

Disebut juga bahwa kegiatan tersebut di ikuti oleh sejumlah penjabat termasuk Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Papua Pegunungan Darmawanto, Ketua KPU Provinsi Papua Steve Dumbon, Komisioner Bawaslu Papua Kordiv SDM Organisasi dan Diklat Yacob Paisei, serta sejumlah pejabat dari TNI dan instansi terkait.

Terkait hal tersebut Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., mengungkapkan pentingnya persiapan untuk pengamanan Pemilu 2024, yang merupakan salah satu momen politik terbesar di Indonesia. Pemilu dan Pilkada akan digelar serentak pada tahun tersebut, menjadikannya tantangan besar bagi aparat keamanan.

“Polda Papua sebagai sentral pelaksanaan pengamanan dengan di backup TNI tentunya sudah harus memiliki langkah-langkah konkret dalam pengamanan Pemilu 2024, salah satunya pelaksanaan Sispamkota,” jelas Kapolda.

Baca Juga:  Gladi Simulasi Sispamkota, Polda Lampung Siap Amankan Pemilu 2024

Ia juga menjelaskan bahwa Sispamkota merupakan salah satu rangkaian persiapan untuk pengamanan Pemilu 2024. Melalui latihan ini, pihak kepolisian ingin memastikan kesiapan personel dan sarana prasarana dalam menghadapi situasi apa pun dalam rangka Operasi Mantap Brata 2023-2024.

“Jadi dengan simulasi ini artinya kami ingin menunjukkan bahwa Polri, khususnya Polda Papua sudah siap mengamankan Pemilu 2024 dalam situasi apa pun,” jelasnya.

Selain itu Ia juga menjelaskan bahwa agar Pemilu berjalan aman, lancar, dan damai, Ia juga mengundang seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama dan menjaga sinergi dalam menjaga keamanan dan kelancaran seluruh tahapan Pemilu 2024

Ia juga berharap bahwa pada yang dilatihkan dalam Sispamkota dapat dijalankan dengan baik sesuai dengan SOP pengamanan yang sudah ada. Tak hanya itu ia juga menginstruksikan Karo Ops untuk memerintahkan jajaran Polres melaksanakan kegiatan serupa, sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing, serta berkoordinasi dengan TNI dan Pemerintah Daerah.

“Mari kita siapkan diri untuk menyambut pengamanan tahapan pendaftaran Paslon mulai tanggal 19 Oktober 2023 besok, bersama sama dengan stakeholder terkait supaya Pemilu bisa berjalan aman dan damai khususnya di Tanah Papua,” tutup Irjen Pol. Mathius.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment