Kapolda Lampung Pastikan Siap Amankan Penyelenggaraan Pilkada Dari Segala Kerawanan

14 September 2024 - 10:04 WIB
Dokumentasi RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Lampung. Kapolda Lampung, Irjen. Pol. Helmy Santika, memastikan pihaknya siap mengantisipasi berbagai potensi ancaman yang muncul selama proses Pilkada serentak 2024.

"Kami telah memetakan sejumlah tantangan, termasuk ancaman hoax dan ujaran kebencian yang sering kali digunakan untuk memecah belah masyarakat," ungkapnya dikutip dari RRI, Jum'at (13/9/24).

Selain perang informasi dan hoaks, ujar Kapolda, tantangan lain yang dihadapi adalah serangan siber terhadap situs web resmi pemerintah. Menurutnya, Polda Lampung telah bekerja sama dengan instansi terkait untuk mengamankan dunia maya dari serangan digital yang bisa mengganggu jalannya pilkada. 

"Keamanan siber adalah salah satu prioritas kami untuk memastikan proses demokrasi berjalan lancar tanpa gangguan," jelasnya.

Lebih lanjut Kapolda menyebutkan, kondisi geografis serta potensi bencana alam dan cuaca ekstrem dapat mempengaruhi logistik dan kelancaran proses pilkada. Bahkan, ia memastikan seluruh personel bekerja ekstra untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana.

"Kami siap menghadapi segala kemungkinan, termasuk dampak dari bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu," ujarnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment